Menu

USD Sayang, CAD Malang

ACY

Pasangan mata uang USD/CAD mengalami volatilitas tinggi dalam beberapa hari terakhir, dan kemungkinan berlanjut.

USD akhirnya memperoleh kepercayaan dari pasar dan menguat terhadap mayoritas mata yang berhubungan dengannya. USD ditutup pada harga 1.30401 terhadap CAD pada tanggal 28 September. Walaupun retorika dalam pidato yang disampaikan Powell mengakibatkan volatilitas pasar, pernyataan yang disampaikan pada hari Kamis menanggulangi ketidakpastian dan mendongkrak indeks USD. Di sisi lain, CAD terkunci oleh kebuntuan negosiasi NAFTA.

Yield Obligasi Treasury 10-tahunan nampak bergerak lebih mendatar dan mendekati tren pembalikan setelah rilis proyeksi Dot Plot oleh Federal Open Market Committee. Kurva terbalik timbul ketika suku bunga jangka pendek berada di atas suku bunga jangka panjang. Pergerakan tersebut memicu debat di pasar mengenai apakah perekonomian Amerika yang sedang booming akan mencapai titik balik.

Powell mengklarifikasi bahwa perubahan kata yang digunakan dalam forecast kebijakan adalah untuk mengukur apakah kebijakan moneter terlalu ketat. Yield jangka panjang yang lebih rendah ditujukan untuk mengendalikan suku bunga pada level netral yang tidak memicu ataupun memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Suku bunga riil saat ini positif untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir; hal mana tidak sehat bagi pertumbuhan ekonomi. Powell juga menyatakan bahwa harga properti tidak sedang mengalami bubble dan berada di bawah pengawasan. Tak ada kerawanan besar terdeteksi di pasar properti. ACY mencatat, klarifikasi ini sangat penting dan mendorong indeks Dolar AS.

Berita baik juga mengemuka dari tingkat pengangguran dan GDP. Laju GDP 4.2 persen sesuai dengan ekspektasi dan relatif bagus diantara negara-negara maju. Klaim Pengangguran (214k) hanya reli sedikit dibandingkan angka 210k yang diestimasikan, tetapi Continuing Jobless Claims (1.661m) tetap lebih baik dibanding ekspektasi (1.684m).

Berita mengenai Dolar Kanada tidak positif. Keterlibatan Kanada membekukan negosiasi tiga negara di Amerika Utara. Sebagaimana disampaikan oleh Trump, kedua negara tak sejalan, meskipun deadline sudah nyaris tiba. Trump diperkirakan akan menolak bertemu dengan PM Kanada Trudeau. Tarif mobil yang tinggi akan mengancam perekonomian Kanada, apabila mereka tak bisa memperpanjang perjanjan NAFTA dengan Amerika. CAD takkan meningkat apabila ditekan keluar dari kesepakatan perdagangan yang baru.

 

Chart USD/CAD

Secara teknikal, pasangan mata uang ini mengalami variasi besar dalam tiga hari terakhir. Namun, volatilitas diantisipasikan lebih kecil dibandingkan pekan berikutnya. ACY menilai, pasangan ini kemungkinan akan berfluktuasi lagi dalam level Fibonacci Retracement 50% dan level 61.8%, masing-masing pada 1.30530 dan 1.30137.

Level RSI yang lebih mendatar, memperkuat kemungkinan tersebut. Sebaliknya, jika pasangan mata uang ini menembus level 1/30530, maka kenaikan berkelanjutan diproyeksikan akan mencapai 1.30941 pada level Fibonacci Retracement 38.2%.

 


ACY adalah broker asal Australia yang telah memiliki ijin dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan menyediakan berbagai macam instrumen trading seperti Forex, Indeks, Metal, dan Komoditas. ACY dikenal luas berkat program Edukasi, Loyalty, dan Promosi yang menarik.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE