Menu

USD/JPY 11 November: Review Teknikal Akhir Pekan

Buge Satrio

Ketidakpastian program reformasi pajak yang diusung oleh Presiden Trump barangkali menjadi alasan salah satu alasan mengapa USD/JPY sulit menstabilkan harga di atas key-resistance.

Kekhawatiran investor terhadap ketidakpastian program reformasi pajak yang diusung oleh Presiden Trump barangkali menjadi salah satu alasan mengapa USD/JPY begitu sulit menstabilkan harga di atas key-resistance jangka menengah yang tersebar di area 114.36 - 114.48.

Namun demikian sejauh ini support statis 113.24 dan support dinamis DMA30 (sekarang di 113.16) juga masih membatasi koreksi/konsolidasi ketika gagal menembus/mempertahankan harga di atas zona resistance 114.36/48.

Yang mungkin harus diwaspadai dalam skala Daily atau jangka pendek hingga menengah, adalah kecenderungan indikator RSI yang bergerak turun ( divergence ) terhadap lintasan harga USD/JPY, meskipun kondisi ini membutuhkan konfirmasi penutupan harga di bawah support 112.56.

Untuk perdagangan jangka pendek/intraday, mencari posisi buy masih direkomendasikan atau diprioritaskan mengingat ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang kemungkinan besar akan terjadi di bulan Desember tahun ini.

Posisi buy (menargetkan area 114.36/48) yang sedekat mungkin atau ketika harga turun ke kisaran 113.24/113.16 membutuhkan SL di bawah support minor 112.93. Sebaiknya step-aside jika harga bergerak di bawah 112.93 untuk mengantisipasi penurunan menuju support 112.56/50 yang berpotensi mengkonfirmasi divergensi indikator RSI, sambil menyimak price action/candle pattern berikutnya yang mencerminkan respon market ketika harga turun ke area support tersebut.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE