Menu

USD/JPY Mencoba Bangkit Dari Level Terendah 3 Bulan

Rama Anandhita

USD/JPY berupaya memulihkan diri, meski pasar tengah diselimuti sentimen risk-off akibat memanasnya tensi geopolitik di Timur Tengah.

Analisa Fundamental

USD/JPY turun ke level terendah tiga bulan karena investor masih mencemaskan risiko meluasnya konflik Timur Tengah. Presiden AS Donald Trump memperingatkan sebuah "pembalasan besar" jika Iran membalas. Senada dengan Trump, Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menargetkan setiap pejabat Iran jika ada serangan lebih lanjut terhadap kepentingan AS.

Memburuknya hubungan kedua negara tersebut membuat Iran semakin menjauhkan diri dari perjanjian nuklir tahun 2015. Perwakilan Iran mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB, tetapi tidak akan mematuhi batasan untuk mengerjakan pengayaan uraniumnya.

Sementara itu, Uni Eropa, Inggris, dan Oman mendesak agar AS dan Iran bersedia melakukan upaya diplomatik demi meredakan konflik yang terjadi.

 

Analisa Teknikal

Terlepas dari tren bearish yang membayangi pasangan mata uang USD/JPY, pola pergerakan indikator RSI mengindikasikan adanya sebuah bullish divergence . USD/JPY juga kembali bergerak di atas Support 107.977, dan diperkirakan berpotensi naik tipis, dari level terendah 3 bulan ke sekitar Resistance 108.243.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE