Menu

CPI Australia Juni Buka Peluang Pemangkasan Suku Bunga RBA

N Sabila

Biro Statistik Australia (ABS) melaporkan data CPI untuk kuartal kedua 2016 naik hanya 0.4 persen, sehingga perubahan inflasi tahunan menurun dari 1.3 persen menjadi 1,0 persen. Dolar Australia melonjak hingga 0.9 persen dengan jarum candle menembus angka 0.7566 per Dolar AS.

Inflasi konsumen (CPI) Australia untuk kuartal bulan Juni dilaporkan tumbuh dalam rentang yang paling lemah selama 17 tahun terakhir. Pada hari Rabu (27/Juli) pagi ini, Biro Statistik Australia (ABS) melaporkan data CPI untuk kuartal kedua 2016 naik hanya 0.4 persen, sehingga perubahan inflasi tahunan menurun dari 1.3 persen menjadi 1,0 persen. Padahal, analis mengekspektasikan inflasi utama Australia hanya akan melambat hingga 1.2 persen saja.


Layanan kesehatan, sandang, perumahan, transportasi, dan asuransi adalah sektor-sektor yang menyumbang kenaikan paling banyak untuk CPI Australia kuartal kemarin. Sedangkan makanan, komunikasi, dan rekreasi justru tak mengalami kenaikan harga dalam kuartal bulan Juni.


Target Inflasi RBA Belum Tercapai

Inflasi inti pun ikut melambat pada kuartal kedua tahun ini, dari 1.4 persen menjadi 1.3 persen. Kesimpulannya, target CPI Bank Sentral Australia di rentang 2-3 persen belum tercapai dan kemungkinan pemotongan suku bunga Australia bulan depan menguat.

Lemahnya tekanan harga di Australia merefleksikan penurunan aktivitas ekonomi di tengah transisi dari sektor pertambangan. Dalam notulen rapatnya pekan lalu, Bank Sentral Australia (RBA) memberikan sinyal yang sangat jelas bahwa pemotongan suku bunga akan mempertimbangkan kondisi inflasi.

Akan tetapi, dengan data inflasi yang diperoleh pada hari ini, survei Bloomberg terhadap kemungkinan pemotongan suku bunga RBA pada rapat tanggal 2 Agustus mendatang menjadi 48 persen, berkurang dari pada akhir pekan lalu sebanyak 64 persen.


AUD/USD Menjulang

Merespon data ini, Dolar Australia melonjak hingga 0.9 persen dengan jarum candle menembus angka 0.7566 per Dolar AS. Sebelum laporan CPI diturunkan, AUD/USD diperdagangkan pada angka 0.7543.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE