Menu

Data PMI Zona Euro Berakhir Tragis Di Tahun 2019

A Muttaqiena

Data PMI Manufaktur dari berbagai negara anggota Zona Euro menutup tahun 2019 di area kontraksi, walaupun ada sedikit perbaikan dari estimasi awal.

Euro melemah hampir 0.2 persen pada kisaran 1.1195 terhadap Dolar AS pada pertengahan sesi Eropa hari ini (2/Januari), setelah rilis data sektor manufaktur yang lebih buruk dari berbagai negara anggota paling berpengaruh di Zona Euro. Posisi Euro juga melemah terhadap Poundsterling, meskipun data manufaktur Inggris sama-sama berkubang di area kontraksi.

Grafik EUR/USD Daily via Tradingview.com

Skor PMI sektor manufaktur Zona Euro secara keseluruhan mencapai 46.3 pada bulan Desember 2019, lebih baik ketimbang skor 45.9 yang dirilis dalam estimasi awal. Meski demikian, skor tersebut masih sangat jauh di bawah ambang 50.0, sehingga menunjukkan bahwa sektor manufaktur di kawasan ini masih dilanda resesi. Hasil survei per negara anggota Zona Euro juga terhitung buruk (baca juga: Apa Itu Indeks PMI Manufaktur? ).

"Menghitung keseluruhan informasi dari Zona Euro secara keseluruhan tidak tampak cantik," kata Claus Vistesen, pimpinan ekonom Zona Euro dari Pantheon Macroeconomics, "Output dan pesanan baru masih terus menurun, dan meski laju kontraksi dalam pesanan baru telah melambat, gambaran keseluruhan tetap suram... Ke depan, kami optimistis data kuartal IV secara keseluruhan akan menyediakan sedikit bukti awal bahwa laju penurunan telah berkurang, tetapi kami tak mengharapkan banyak rebound pada paruh pertama tahun 2020."

Jerman lagi-lagi mencatat kinerja terburuk, dengan skor PMI merosot dari 44.1 menjadi 43.7. Padahal, negeri yang dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel itu merupakan perekonomian terbesar di kawasan Zona Euro. Italia dan Belanda mengalami kemerosotan terburuk dalam lebih dari enam tahun terakhir. Irlandia, Spanyol, dan Austria juga mencetak skor PMI di bawah ambang 50.0. Hanya skor PMI dari sektor manufaktur Prancis dan Yunani yang masih menggantung tipis di area ekspansif.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE