Menu

Deflasi Juli, Euro Terjebak Desas-desus Stimulus

A Muttaqiena

EUR/USD terkekang dekat level terendah tahun ini, menyusul serangkaian berita tentang deflasi dan stimulus dari kawasan Zona Euro.

Euro mengerem upaya rebound-nya terhadap mata uang mayor lain dalam perdagangan hari Senin ini (19/Agustus). Investor dan trader menyoroti laporan mengenai laju inflasi Zona Euro yang tercatat negatif pada bulan Juli, serta beragam paket stimulus baru yang akan diluncurkan oleh otoritas setempat. Saat berita ditulis, EUR/USD telah mundur hingga 1.1101 dan kembali bergerak mendekati level terendah tahun ini, meskipun masih mencetak candle bullish terhadap Pound dan Yen.

Eurostat melaporkan bahwa Consumer Price Index (CPI) mencatat deflasi hingga -0.5 persen (Month-over-Month) pada bulan Juli 2019. Skor tersebut lebih buruk dibandingkan pertumbuhan inflasi 0.2 persen pada bulan Juni, maupun estimasi yang dipatok pada -0.4 persen saja. Deflasi dalam bulan Juli mengakibatkan inflasi tahunan Zona Euro ambruk dari 1.3 persen menjadi 1.0 persen (Year-on-Year).

Core CPI juga melemah sesuai ekspektasi dengan mencatat -0.6 persen (Month-over-Month), atau tumbuh 0.9 persen (Year-on-Year). Tak dapat dipungkiri, perekonomian Zona Euro kembali menghadapi ancaman deflasi dan resesi.

Akhir pekan lalu, nilai tukar Euro ambruk akibat pernyataan seorang pejabat tinggi ECB mengenai rencana peluncuran stimulus moneter yang boleh jadi lebih masif dibandingkan ekspektasi pasar. Secara keseluruhan, laporan kali ini mengukuhkan alasan bagi bank sentral Eropa (ECB) untuk menggelontorkan stimulus semacam itu dalam waktu dekat.

Sementara itu, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz memberikan isyarat siap meluncurkan paket stimulus fiskal hingga USD55 Miliar apabila terjadi resesi di negaranya. Opsi kebijakan ini sempat ditentang oleh Kanselir Angela Merkel, sehingga berita mengenai kesiapan Menkeu Jerman dianggap sebagai perkembangan baik oleh pelaku pasar. Akan tetapi, belum ada pengumuman resmi mengenai rencana tersebut hingga pagi ini.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE