Menu

Dolar Australia Meluncur Turun Bersama PMI Manufaktur China November

N Sabila

Dolar Australia mengawali Senin (01/12) ini dengan terperosok turun menyusul laporan data PMI Manufaktur Tiongkok yang dilaporkan mengecewakan karena lebih rendah dibandingkan ekspektasi. AUD/USD anjlok hingga 0.78 persen setelah PMI Manufaktur Tiongkok diumumkan.

Dolar Australia mengawali Senin (01/12) ini dengan terperosok turun menyusul laporan data PMI Manufaktur Tiongkok yang dilaporkan mengecewakan karena lebih rendah dibandingkan ekspektasi. AUD/USD anjlok hingga 0.78 persen setelah PMI Manufaktur Tiongkok diumumkan. Australia merupakan negara yang mengandalkan Tiongkok sebagai partner perdagangan nomor satunya, sehingga perekonomian negara tersebut sedikit banyak terpengaruh dengan apa yang terjadi di China.


PMI Manufaktur China November 50.3

Pertumbuhan sektor pabrikan di China melambat lebih dari ekspektasi pada bulan November dengan indeks PMI Manufaktur yang meluncur turun ke posisi 50.3 dari 50.8 pada bulan Oktober, dengan prediksi analis Reuters di angka 50.6. Meskipun masih di atas level 50 yang artinya ekspansi, akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa manufaktur China sedang menghadapi kenaikan harga dan lemahnya permintaan di tengah mendinginnya ekonomi global.

Ekonomi China tumbuh 7.3 persen dalam kuartal ketiga tahun ini, level terlamban sejak krisis finansial global dan risiko terpeleset dari target tahunan untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir. Hal ini menambah keprihatinan bahwa ekonomi kedua dunia ini mulai ikut terseret lemahnya pertumbuhan global. Setelah beberapa bulan mengucurkan stimulus dalam laju yang moderat, China tiba-tiba memotong suku bunganya pada tanggal 21 November lalu demi menambah upaya untuk menopang pertumbuhan di bawah menggunungnya utang.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE