Menu

Dolar Mendapat Dukungan Tenaga Kerja Dan Pernyataan Yellen

M Septian

Dolar AS terdukung oleh pernyataan pimpinan the Fed, Janet Yellen yang mengisyaratkan kesiapan untuk menaikkan suku bunga AS. Beliau juga optimis pada keadaan ekonomi AS dari hambatan-hambatan yang akan semakin berkurang.

Dolar AS terdukung oleh pernyataan pimpinan the Fed, Janet Yellen yang mengisyaratkan kesiapan untuk menaikkan suku bunga AS. Beliau juga optimis akan keadaan ekonomi AS dari hambatan-hambatan pada pertumbuhan yang akan semakin berkurang.

Dalam pidatonya pada acara Economic Club di Washington, Yellen mengatakan dia sedang menanti kenaikan suku bunga yang akan dipandang sebagai bukti pemulihan ekonomi AS dari resesi, meskipun beliau sendiri tidak mengindikasikan akan terjadi pada pertemuan FOMC akhir tahun ini. Para pejabat The Fed diperkirakan akan meningkatkan Federal Funds Rate dalam rapat FOMC 15 Desember nanti, namun mereka masih mengurai data dengan hati-hati mengingat belum meratanya pemulihan ekonomi AS.

Yellen juga menunjukkan kepercayaannya pada ekonomi AS, dengan berkata bahwa pertumbuhan lapangan kerja hingga Oktober menandakan sektor tenaga kerja telah pulih meski belum menunjukkan kekuatan penuh. Beliau juga menegaskan kembali pada pandangan mengenai hambatan pertumbuhan ekonomi AS dan inflasi dari lemahnya kondisi ekonomi global juga harga komoditas yang anjlok akan berkurang di tahun depan. "Belanja konsumen AS sangatlah kokoh," kata Yellen.

Indeks Dolar AS kembali mendaki menuju level 100.13 sesudah komentar Yellen tersebut. Sehari yang lalu, indeks yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lain ini sempat meredup hingga menyentuh level 99.7, sebelum berbalik naik oleh data tenaga kerja dari ADP. Laporan ADP National Employment menunjukkan sebanyak 217ribu lowongan baru sektor swasta dibuka pada bulan November. Greenback menunjukkan dominasinya terhadap Euro dengan menguat sekitar 0.2 persen menjadi 1.5094, GBP/USD juga ikut melemah 0.15 persen ke 1.4927.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE