Menu

GBP Stabil Setelah Data Konstruksi Inggris Tak Mencapai Prediksi

M Septian

Hari Rabu (02/09), Pound Sterling bergerak stabil mendekati titik terendah tiga bulanan terhadap Dolar AS setelah laporan dari sektor konstruksi Inggris mengalami peningkatan dari laju bulan lalu.

Hari Rabu (02/09), Pound Sterling bergerak stabil mendekati titik terendah tiga bulanan terhadap Dolar AS setelah laporan dari sektor konstruksi Inggris mengalami peningkatan dari laju bulan lalu.

GBP/USD hanya turun sedikit menuju 1.5291 dari sebelumnya 1.5299 menjelang rilis data dan tak jauh dari titik terendah semalam 1.5271, terlemah sejak 9 Juni silam. Menurut laporan Markit, PMI konstruksi meningkat menjadi 57.3 bulan Agustus dari 57.1, namun masih lebih rendah dari prediksi para analis pada 57.5.

Laju ekspansi tercepat dicatatkan oleh konstruksi perumahan dan kantor komersial, sementara konstruksi sektor publik menjadi yang terlemah. Perekrutan tenaga kerja masih dalam laju tercepatnya dan melemahnya minyak berkontribusi pada pelemahan jumlah total inflasi selama empat bulan terakhir. "Perusahaan konstruksi Inggris tetap pada pijakan pertumbuhan yang kuat di bulan Agustus, tertolong oleh keberlanjutan pemulihan pada aktivitas pembangunan perumahan dan komersial," kata Tim Moore ekonom Markit, sebagaimana dilansir dari Investing. Laporan tersebut dirilis satu hari setelah survey serupa yang menunjukkan pertumbuhan sektor manufaktur Inggris melambat pada bulan lalu.

EUR/GBP turun 0.20 persen ke 0.7372 hanya berubah sedikit sebelum laporan dikeluarkan. Euro mendapat tekanan dari stabilnya pasar saham global dan penghindaran resiko yang meningkatkan permintaan terhadap Dolar AS. Memburuknya prospek ekuitas mendukung permintaan terhadap Euro dan Yen pada sesi sebelumnya. Dolar berada pada posisi defensif di tengah ketidakpastian dari goncangan di pasar finansial global yang mendorong penundaan kenaikan suku bunga AS oleh the Fed. Para investor masih menanti rilis NFP bulan Agustus pada hari Jumat, yang akan membantu memberi kejelasan tentang penentuan waktu kemungkinan naiknya suku bunga AS.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE