Menu

GDP Australia Melesat, AUD Menguat

SFN

Dolar Australia pada Rabu (04/06) pagi ini melaju pesat menyusul laporan GDP kuartalannya yang lebih tinggi daripada ekspektasi. Angka GDP Australia pada kuartal pertama naik 1.1% dibandingkan dengan ekspektasi yang memprediksikan kenaikan sebanyak 1.0%.

Dolar Australia pada Rabu (04/06) pagi ini melaju pesat menyusul laporan GDP kuartalannya yang lebih tinggi daripada ekspektasi. Angka GDP Australia pada kuartal pertama naik 1.1% dibandingkan dengan ekspektasi yang memprediksikan kenaikan sebanyak 1.0%. Angka ekspor pun meningkat sebanyak 4.8% dan berkontribusi terhadap peningkatan GDP Australia tersebut. Investasi di sektor perumahan juga mengalami penguatan sehingga menambah angka ekspansi sebanyak 0.2 poin.


AUD/USD diperdagangkan pada 0.9284 atau naik 0.19% setelah data tersebut dirilis. Indeks AIG Group Service untuk bulan Mei meningkat ke angka 49.9 dari 48.6 pada bulan April.

Menanggapi laporan GDP Australia tersebut, Menteri Keuangan, Australia, Hockey, menyatakan bahwa perekonomian negerinya memang cenderung elastis. Selain itu, harga bijih besi yang menurun juga turut mempengaruhi perekonomian. Sore hari nanti, salah satu pejabat RBA, Tony Richards, dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya mengenai stabilitas finansial.

Menurut ekonom Katrina Ell dari Moddy's Analytics, perekonomian Australia memang sedang berada di atas angin pada kuartal pertama. Ell menyatakan kalimat tersebut sebelum laporan GDP dirilis. Selain itu, pemotongan tingkat suku bunga dan investasi non pertambangan tampaknya memberikan hasil yang cukup signifikan.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE