Menu

Harga Emas Konsolidasi, Fokus Pada Inflasi AS Dan Kebijakan The Fed

Nadia Sabila

Harga emas naik terbatas malam ini. Penguatan lebih lanjut kemungkinan bergantung pada rilis inflasi AS karena kaitannya dengan outlook kebijakan The Fed.

Seputarforex - Harga emas naik dalam rentang terbatas di sesi perdagangan Selasa (07/Desember). Harga emas spot naik 0.2% ke $1782.30 per ounce, sejalan dengan harga emas futures di Comex New York yang menguat dengan persentase sama ke 1784.60. Sementara itu, grafik XAU/USD di bawah ini menunjukkan kenaikan 0.4% dari level Open harian ke $1785.44.

 

Bullish Emas Hanya Berharap Pada Perlambatan Pengetatan Moneter The Fed

Indeks CPI AS yang dijadwalkan rilis Jumat mendatang dianggap bisa menjadi petunjuk krusial untuk mengantisipasi laju pengetatan kebijakan moneter The Fed. Data CPI AS yang lebih rendah daripada ekspektasi diharapkan dapat mengurangi fokus terhadap kenaikan suku bunga The Fed, sehingga emas bisa mendapat celah kenaikan.

"Ketika bank-bank sentral mulai menahan pengetatan dan mengesampingkan (kenaikan) inflasi, maka saat itulah kita akan melihat harga emas naik. Jadi, kekhawatiran akan melambatnya (pengetatan moneter) di tengah tingginya inflasi adalah satu-satunya pendukung bullish bagi emas saat ini," komentar Craig Erlam dari OANDA.

"Kita masih melihat pergerakan yang sangat rendah, volatile, dan choppy dalam perdagangan emas. Mungkin bahkan lebih konsolidatif lagi untuk saat ini. Fokus utama tertuju pada rapat The Fed pekan depan demi mendapatkan kejelasan soal suku bunga, di tengah ketidakpastian seperti saat ini, terkait isu Omicron," lanjut Erlam.

Harga emas malam ini tetap menguat meskipun kekhawatiran akan bahaya infeksi Omicron mereda. Penyebab pasti kenaikan tersebut tidak diketahui, tetapi para analis memperkirakan penguatan emas akan terbatas dalam jangka pendek.

"Dengan suasana pasar sudah lebih positif, maka harga emas tampaknya masih akan cukup lemah saat ini... Kecuali, jika ada pemburukan yang signifikan dalam minat risiko. Kami tidak mengekspektasikan harga emas akan jauh melebihi $1820 dalam waktu dekat," komentar Michael Hewson dari CMC Markets di Inggris.


Berita Emas Lainnya




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE