Menu

Harga Emas Masih Tersokong Krisis Perbankan AS

Nadia Sabila

Penguatan yield obligasi AS hanya menyebabkan harga emas terkoreksi tipis. Data inflasi yang sesuai ekspektasi tak menggoyang emas dari level tinggi lima pekan.

Seputarforex - Harga emas spot turun setengah persen ke $1903.20 per ounce, begitu pula dengan harga emas futures yang turun dengan persentase yang sama ke $1906.90. Grafik harga emas di bawah ini menunjukkan koreksi XAU/USD di $1908.87, tak jauh dari area tertinggi lima pekan.

Setelah mengalami lonjakan di tiga sesi sebelumnya, penguatan yield obligasi US Treasury dan Dolar AS membuat emas turun tipis pada perdagangan malam ini (14/Maret). Yield obligasi 10-tahun menanjak 3.66%, sementara Indeks Dolar AS mencoba pulih di kisaran 103.67.

Hal ini berkaitan dengan rilis Inflasi tahunan AS yang masih bertahan di level 6.0% pada bulan Februari. Tingkat inflasi tersebut masih jauh di atas target 2% The Fed, sehingga urgensi kenaikan suku bunga kembali muncul. Meskipun begitu, analis optimis jika posisi emas masih akan stabil karena situasi minat risiko pasar saat ini.

"Data inflasi AS tak mengandung hal yang dapat menakuti bull emas yang sedang mencari lindung nilai atas ketidakstabilan keuangan, pada saat Fed mungkin (secara tidak langsung) menerima bahwa inflasi akan tetap lebih tinggi lebih lama," kata Nicky Shiels, kepala strategi logam di MKS PAMPSA.

Sebelumnya, aksi penghindaran risiko di tengah krisis perbankan AS memang menopang harga emas karena memunculkan ekspektasi perlambatan kenaikan suku bunga The Fed.

"Emas mengambil napas setelah kenaikan terakhir yang dipicu oleh merebaknya kekhawatiran," kata Han Tan, analis Exinity, "Selama risiko efek domino yang berasal dari masalah SVB masih ada, maka masih ada pula potensi yang meningkatkan risiko resesi. Hal itu sementara ini akan membuat aset safe haven mendapat penawaran yang baik."

Bank-bank besar dunia mulai menaikkan outlook terhadap emas, termasuk ANZ dan Citi. ANZ bahkan memperkirakan emas baru akan menemui resistance di $1960.


Berita Emas Lainnya




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE