Menu

Hasil KTT Eropa Hadirkan Dorongan bagi Euro / Franc

Rachmat

akhir pekan kemarin Franc Swiss menghentikan penurunan  beruntun dan berbalik menguat terhadap Dollar AS pada hari Jumat seiring membaiknya indeks indikator ekonomi utama Swiss bulan Juni. Data yang dirilis KOF Swiss Economic Institute menunjukkan indeks indikator utama, yang memprediksi arah ekonomi dalam 6 bulan ke depan, naik menjadi 1,16 dari angka bulan Mei yang direvisi turun menjadi 0,8.

akhir pekan kemarin Franc Swiss menghentikan penurunan beruntun dan berbalik menguat terhadap Dollar AS pada hari Jumat seiring membaiknya indeks indikator ekonomi utama Swiss bulan Juni. Data yang dirilis KOF Swiss Economic Institute menunjukkan indeks indikator utama, yang memprediksi arah ekonomi dalam 6 bulan ke depan, naik menjadi 1,16 dari angka bulan Mei yang direvisi turun menjadi 0,8.

Sementara terhadap Euro, Swissie harus membukukan kerugian mingguan setelah KTT Uni Eropa di Brussels menyetujui pelonggaran aturan pembayaran untuk pinjaman darurat kepada bank-bank Spanyol. Sebuah hasil yang mengikis daya tarik mata uang Swiss sebagai safe haven.

"Hasil KTT kali ini telah menghadirkan dorongan bagi Euro/Franc," kata Daragh Maher, analis mata uang HSBC Holdings Plc di London. "Lonjakan hari ini hanyalah satu dari beberapa contoh sebelumnya, dimana kesalahan pasar dalam mengambil posisi telah memicu short squeeze."

Setelah melakukan pembicaraan lebih dari 13 jam, para pemimpin Uni Eropa akhirnya juga sepakat bahwa bank dapat direkapitalisasi langsung dengan dana talangan Eropa tanpa harus melalui pemerintah.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE