Menu

Kuroda BoJ Hindari Pembicaraan Tentang Penguatan Yen

N Sabila

Penguatan Yen kian menggila hingga sesi perdagangan Asia Kamis (07/04) pagi ini seiring dengan perburuan investor terhadap aset-aset safe haven dan keengganan pemerintah Jepang untuk melakukan intervensi terhadap mata uangnya. USD/JPY sudah menembus level 109.18 atau menurun 0.56 persen.

Penguatan Yen kian menggila hingga sesi perdagangan Asia Kamis (07/04) pagi ini seiring dengan perburuan investor terhadap aset-aset safe haven dan keengganan pemerintah Jepang untuk melakukan intervensi terhadap mata uangnya, ditambah dengan Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda yang menghindari pembicaraan lebih lanjut tentang mata uang dalam rapatnya dengan para kolega regional hari ini.



USD/JPY sudah menembus level 109.18 atau menurun 0.56 persen dalam perdagangan sebelumnya, dan mencapai posisi 09.217 pada saat berita ini ditulis. Yen kian perkasa terlebih setelah Dolar AS mengurangi laju penguatannya setelah rilisnya hasil rapat FOMC. Sedangkan EUR/JPY menurun 0.1 persen menuju angka 125.09 yen.


Kuroda Hanya Tegaskan Akan Tambah Pelonggaran Bila Perlu

Dalam pertemuannya dengan para manajer cabang Bank of Japan hari ini ada beberapa poin yang disampaikan oleh Kuroda melalui pidatonya:

Dari poin-poin pernyataan Kuroda itu, jelas mengungkapkan bahwa pimpinan Bank Sentral ini menjaga sikap untuk tidak menyinggung masalah penguatan mata uang. Kemarin, PM Jepang Shinzo Abe bahkan secara jelas mengatakan bahwa pihaknya akan menahan diri untuk tidak mengintervensi penguatan Yen.

Pernyataan Abe tersebut diperkuat oleh pernyataan Menteri Keuangan Jepang yang menyebut rendahnya harga minyak merupakan faktor utama penguatan Yen karena para investor mencari safe-haven. Meski demikian, kementerian keuangan Jepang tetap akan mengawasi pergerakan pasar.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD

Lube Jubo Taik

terbaik...akan terus jatush





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE