Menu

Lapangan Kerja Kanada Januari Turun, Unemployment Rate Naik

Pandawa

Setelah naik selama dua bulan secara beruntun sebelumnya, lapangan pekerjaan Kanada Januari mencatatkan penurunan pertama sejak periode Juli 2016.

Setelah naik selama dua bulan secara beruntun, lapangan pekerjaan Kanada Januari mencatatkan penurunan pertama sejak periode Juli 2016, menurut data Employment Change yang dirilis Departemen Stastistik pada hari Jumat (9/2) pagi waktu setempat.

Jumlah lapangan pekerjaan Kanada bulan Januari tercatat mengalami penurunan sebesar -88,000 pekerjaan. Sektor Full Employment sebenarnya dilaporkan menunjukan kenaikan sebanyak 49,000 pekerjaan, sayangnya pertumbuhan itu harus tergerus oleh anjloknya jumlah pekerjaan paruh waktu (part time employment) sebanyak -137,000 di periode Januari.

Dalam basis tahunan, pekerjaan Kanada telah bertambah sebanyak 289,000 (+1.6 persen) yang terbagi atas pertumbuhan pekerjaan full time sebanyak 414,000 (+2.8 persen) yang diikuti oleh penurunan sebesar -125,000 (-3.5 persen) pekerjaan paruh waktu. Secara bersamaan, Departemen terkait juga merilis data tingkat pengangguran Kanada bulan Januari yang mencatatkan kenaikan 0.1 persen menjadi 5.9 persen.

Berdasarkan cakupan gender dan usia, penurunan pekerjaan bulan Januari sebagian besar berasal dari angkatan kerja wanita baik rentang usia produktif (25-54 tahun), usia diatas 55 tahun dan usia muda (15-24 tahun). Sementara itu dari kelompok pria, terdapat sedikit perubahan dibandingkan periode bulan Desember, namun tidak berpengaruh signifikan.

Bila mengacu pada cakupan wilayah maka penurunan jumlah pekerjaan Kanada bulan Januari sebagian besar berpusat di Ontario dan Quebec. Penurunan dalam jumlah kecil juga terjadi di kawasan New Brunswick dan Manitoba.

Bila dilihat dari kategori pekerjaan, maka penurunan Employment Kanada bulan lalu terjadi pada hampir seluruh kategori seperti layanan Pendidikan, Keuangan, Asuransi, Real Estate, Professional, Kontruksi hingga Layanan Kesehatan. Di satu sisi, kategori Bisnis, Bangunan dan Layanan Support dilaporkan mencatatkan kenaikan.

Pada saat berita ini diturunkan, pair USD/CAD diperdagangkan pada level 1.2598 setelah sempat menyentuh level tertinggi harian 1.2686 sesaat setelah rilis data Employment Change Kanada yang mengecewakan.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE