Advertisement

iklan

Profil Penulis : pandawa

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.
Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Ekonomi China tumbuh sesuai ekspektasi, sementara 3 data fundamental lain yang juga dirilis pagi ini cenderung positif. Hal ini semakin memperkuat posisi Yuan terhadap Dolar AS.
Meningkatnya aktivitas transportasi memicu lonjakan pada pesanan mesin Jepang yang menorehkan rekor kenaikan bulanan terbesar sejak 2005.
Kesepakatan dagang AS-China fase pertama telah ditandatangani secara resmi oleh pimpinan kedua belah pihak. Dolar Komoditas menyambut kabar ini dengan kenaikan.
Pencabutan label China sebagai manipulator mata uang oleh AS semakin membuka jalan penyelesaian perang dagang antara kedua negara tersebut.
Kesepakatan dagang fase pertama dijadwalkan akan segera ditandatangani minggu ini, sehingga minat risiko pelaku pasar meningkat.
Retail Sales Australia melonjak karena didorong oleh promosi besar-besaran selama penjualan Black Friday pada bulan November.
Ketegangan AS-Iran berangsur mereda setelah pemimpin kedua negara mengekspresikan keinginan untuk tidak melanjutkan konflik di Timur Tengah. Hal ini membuat harga minyak terjun bebas.
Kelangkaan daging babi masih menjadi faktor utama yang menyebabkan trend Inflasi Konsumen China terus menanjak. Sayangnya, Inflasi Produsen belum juga bergairah.
Iran membuktikan ancamannya dengan menyerang pangkalan militer AS. Tensi geopolitik Timur Tengah yang semakin memanas pun mendorong penguatan aset safe haven.
Pelaku pasar menimbang kembali tensi geopolitik Timur Tengah, dan masih menanti informasi terbaru mengenai langkah balasan yang akan dilakukan Iran terhadap AS.
Ketegangan geopolitik AS-Iran sedikit mereda, sehingga mendorong penguatan Dolar AS terhadap Yen sejak perdagangan kemarin hingga hari ini.
Tidak hanya mengancam Iran, Presiden Trump juga menyatakan bakal menjatuhkan sanksi keras terhadap Irak apabila mengusir pasukan AS dari kawasan tersebut.
Setelah mengalami rebound, sektor jasa China mengalami perlambatan cukup signifikan pada bulan Desember karena lemahnya kepercayaan bisnis.
Terbunuhnya petinggi militer Iran dan Irak oleh serangan udara AS semakin meningkatkan ketegangan di Timur Tengah serta menggenjot harga minyak.
Harga minyak diprediksi akan melanjutkan kenaikannya di tahun 2020, karena didukung oleh konflik timur tengah dan dua katalis lainnya.
Aktivitas manufaktur China untuk bisnis skala kecil menengah menunjukkan ekspansi di bulan Desember 2019. Namun, ada sedikit penurunan dibandingkan periode sebelumnya.
Penasihat bidang perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, mengatakan bahwa perjanjian dagang fase pertama tinggal menunggu proses terjemahan saja.
Aktivitas manufaktur China meningkat karena kenaikan pesanan ekspor yang mendorong pabrik meningkatkan produksi di akhir tahun 2019.
Harga minyak melanjutkan trend bullish, didukung oleh positifnya hasil survei belanja online konsumen AS selama musim liburan akhir tahun.
Harga minyak mentah berada di jalur penguatan tiga minggu secara berturut-turut karena prospek cerah di tahun 2020 pasca tercapainya kesepakatan dagang AS-China.
House of Representatives AS resmi memakzulkan Trump dalam sebuah voting yang sepenuhnya sudah diekspektasikan. Dolar AS pun tak banyak bereaksi.
Rilis GDP Selandia Baru kuartal ketiga cukup meyakinkan, sehingga mendorong Dolar New Zealand menguat sekaligus menjauhi level terendah sepekan yang tersentuh pada sesi sebelumnya.
Melemahnya permintaan dari luar negeri terutama AS dan China, berdampak buruk terhadap ekspor Jepang di bulan November 2019.
Selain menegaskan bahwa petinggi bank sentral tetap wait and see, notulen RBA bulan Desember menyoroti pelemahan pasar tenaga kerja dan trend upah yang menghambat inflasi.
Setelah euforia atas kabar kesepakatan dagang fase satu, pelaku pasar masih berhati-hati karena kedua belah pihak masih belum menjabarkan rincian perjanjian.