Menu

Laporan Terbaru Industri Inggris Mendorong Sterling Naik

M Septian

Kedua data yang dirilis Rabu (07/10) ini, factory output dan produksi industri di Inggris meningkat terdorong oleh lonjakan pada ekstraksi minyak dan gas juga melambungnya produksi mobil. Produksi manufaktur di Inggris Agustus semakin membaik menuju level tertingginya.

Kedua data yang dirilis Rabu (07/10) ini, factory output dan produksi industri di Inggris meningkat. Peningkatan itu didorong oleh lonjakan pada ekstraksi minyak dan gas, juga melambungnya produksi mobil.

Produksi manufaktur di Inggris pada bulan Agustus semakin membaik menuju level tertinggi enam bulan-nya pada 0.5 persen (MoM), naik dari penurunan 0.7 persen di bulan sebelumnya. Dalam basis tahunan, produksi manufaktur Inggris terkini juga tercatat pada -0.8 persen, lebih baik dari tahun lalu -1.2 persen. Penyokong utama kenaikan tersebut adalah melambungnya produksi mobil setelah nonaktif selama musim panas bulan Juli lalu. Peningkatan manufaktur mobil juga membantu mendorong sektor peralatan transportasi yang juga naik 4.6 persen.

Sementara total produksi industri melonjak 1 persen (MoM), tergerakkan oleh bertambahnya ekstraksi minyak dan gas dari Laut Utara di bulan Agustus sebesar 8.7 persen.

 

Penguatan Sterling Teredam

Pair cable menguat 0.56 persen menjadi 1.5308, yang merupakan level tertinggi sejak 23 September lalu. Walaupun Dolar AS sedang lemah, penguatan pada Sterling dibatasi oleh perlambatan mengejutkan di sektor jasa Inggris. Melambatnya laporan PMI sektor jasa Inggris untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun ini cukup meredam sentimen Pound.

Pergerakan mata uang Pound tidak terlalu bergejolak terhadap Euro setelah rilis data fundamental hari ini dan bertahan mendekati level tinggi hariannya. EUR/GBP tercatat pada kisaran 0.7350 atau turun 0.65 persen. Sebelum data Inggris dirilis, terlebih dahulu produksi industri Jerman bulan Agustus telah dilaporkan di bawah estimasi.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE