Menu

MEDC: Resmi Akuisisi Saham Perusahaan Newmont

Utari

Salah satu emiten gas juga minyak yaitu PT Medco Energi Internasional Tbk sudah berhasil melakukan akuisisi perusahaan emas yakni PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan harga seluruh sahamnya senilai 2.6 miliar dolar AS.

Salah satu emiten gas juga minyak yaitu PT Medco Energi Internasional Tbk sudah berhasil melakukan akuisisi perusahaan emas yakni PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan harga seluruh sahamnya senilai 2.6 miliar dolar AS. Emiten berkode MEDC ini membeli semua saham milik Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

 

Muhamad Lutfi selaku Komisaris Utama PT Medco Energi Internasional Tbk menuturkan bahwa dana yang digunakan untuk akuisisi tersebut adalah berasal dari konsorsium perbankan dalam serta luar negeri. Ia menjelaskan, sekitar 25 persen dari pendanaan pinjaman konsorsium tersebut adalah jenis senior loan dari bank dalam negeri dan sisanya sebesar 25 persen lagi dari luar negeri.

Sementara itu, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk, Hilmi Panigoro menjelaskan lebih lanjut bahwa akuisisi tersebut dilakukan dengan cara membeli saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang sebelumnya perusahaan AMI ini sudah membeli NNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

Sedangkan untuk penyelesaian transaksi akan menanti persetujuan dari pemerintah serta para pemegang saham emiten MEDC.


Langkah Korporasi Medco Lainnya

Rencananya, PT Medco Energi Internasional Tbk juga akan melakukan penerbitan saham dengan mekanisme HMETD (hak memesan efek terlebih dahulu).Penerbitan saham baru tersebut adalah sekitar 3.04 miliar lembar saham dan emiten berkode Medc ini membidik akan memperoleh dana segar senilai Rp 4.65 triliun.

Nantinya sekitar 70 persen perolehan dana dari penerbitan saham itu akan dimanfaatkan untuk refinancing dan sisanya yaitu 30 persen digunakan untuk keperluan modal kerja perseroan. Setelah itu, MEDC juga akan melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) II senilai Rp 5 triliun.


Berita Saham Lainnya




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE