Menu

NFP AS Agustus Di Bawah Ekspektasi, Pertumbuhan Upah Melambat

Pandawa

Menurut data yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja AS, Non Farm Payroll (NFP) turun di bulan Agustus setelah mencatatkan kenaikan dua bulan secara beruntun.

Pertumbuhan lapangan kerja AS melambat selama bulan Agustus, menurut data yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat (1/9). Non Farm Payroll mengalami penurunan setelah mencatatkan kenaikan dua bulan secara beruntun.

Ekonomi AS menambahkan 156,000 pekerjaan baru pada bulan Agustus, di bawah ekspektasi 180,000. Sementara data periode Juli direvisi turun 20,000 menjadi 189,000. Meski terjadi perlambatan selama bulan lalu, namun laju pertumbuhan lapangan kerja AS dalam beberapa bulan sebelumnya diyakini telah cukup bagi Bank Sentral untuk segera memangkas portofolio obligasi pada pertemuan September mendatang.


Trend Pertumbuhan Upah Di Bawah Ekspektasi

Departemen terkait juga merilis data upah per jam yang hanya naik $3 cent atau 0.1 persen, lebih lambat dibandingkan rilis periode Juli yang kala itu mencatatkan kenaikan 0.3 persen. Secara basis YoY, upah pekerja AS naik 2.5 persen hingga bulan lalu.

Perlambatan pertumbuhan lapangan kerja di bulan Agustus yang menempatkannya di bawah angka rata-rata NFP tahunan pada 176,000, mencerminkan kondisi musiman. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, periode Agustus memang sering memberikan bias lemah dengan revisi yang akan menunjukkan penguatan.

Departemen Tenaga Kerja menyebutkan badai Harvey yang melanda AS belum berpengaruh terhadap rilis Payroll malam ini, dikarenakan badai tersebut terjadi setelah periode survey yang dilakukan oleh departemen terkait. Namun, tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi data ekonomi AS dalam beberapa bulan ke depan.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE