Menu

Pengangguran Di AS Kembali Melenting, Optimisme Belum Pudar

Kukuh Raharjo

Rilis berita malam ini kembali mengejutkan para analis dan ekonom. Level jumlah pencari kerja naik ke 297 ribu orang. Angka ini melampaui data terakhir yang dilepas seminggu yang lalu (02/07) sejumlah 282 ribu orang.

Rilis berita malam ini kembali mengejutkan para analis dan ekonom. Jumlah pencari kerja di Amerika Serikat naik ke 297 ribu orang. Angka ini melampaui data terakhir yang dilepas seminggu yang lalu (02/07) sejumlah 282 ribu orang.


Kekhawatiran semakin tipis

Perkiraan kenaikan data pemohon tunjangan pengangguran ini sebenarnya sudah dalam perhitungan para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.com. Mereka memperkirakan rentang jumlah berada dalam kisaran 260-290ribu, namun pada kenyataanya jumlah tersebut masih bisa dilampaui. Bahkan kenaikan tersebut menjadi yang terbanyak semenjak pertengahan Maret lalu. Jumlah kenaikan ini bagi perekonomian AS sebenarnya tidak menjadi sesuatu hal yang harus dikhawatirkan karena masih berada di bawah batas yang yang sering dipakai sebagai konsensus, yaitu sebanyak 300 ribu. Apalagi sudah selama delapan belas minggu berturut-turut angka tingkat pengangguran berada dibawah angka patokan tersebut.


Ekonom dari Pantheon Macroeconomics.Ltd, Ian Shepherdson juga turut menguatkan persepsi tersebut. “Tidak ada tanda-tanda perubahan tren data tenaga kerja, terutama tentang pengangguran. (Kenaikan klaim pengangguran) ini adalah wajar karena terjadi ditengah kondisi libur nasional berkaitan dengan hari kemerdekaan dan jadwal rutin pengistirahatan unit-unit produksi di beberapa industri” demikian beliau menyampaikan kepada Bloomberg.com.


Dolar AS masih menunggu sentimen dari luar negeri

Hanya dengan Yen Jepang, Greenback berhasil mengambil untung melebihi pasangan-pasangan utamanya yang lain. Dibuka hari ini di level 120.70, Greenback tanpa koreksi, terus memukul jatuh Yen sampai ke level 121.50 atau lebih dari 0.5 persen. Sementara terhadap pasangan yang lain seperti Sterling walaupun sempat melompati level penting 1.5400, pada sesi Eropa tadi seperti sudah kehabisan tenaga dan harus terkoreksi kembali di bawah level tersebut.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE