Menu

Penguatan Terlalu Jauh, Dolar AS Mundur Dari Level Tinggi 14 Bulan

N Sabila

Dolar AS mulai berputar haluan dari level tinggi 14 bulan terhadap Euro akibat indikator teknikal yang mensinyalir bahwa laju mata uang AS tersebut terlalu cepat. Satu-satunya data ekonomi yang dirilis dari AS pada malam tadi adalah laporan pembukaan lapangan kerja dan ringkasan perputaran tenaga kerja (JOLTS), yang diumumkan mencapai 4.67 juta.

Dolar AS mulai berputar haluan dari level tinggi 14 bulan terhadap Euro akibat indikator teknikal yang mensinyalir bahwa laju mata uang AS tersebut terlalu cepat.


Penaksiran momentum Bloomberg mendapati bahwa indeks 14 harian terpantau sangat kuat, yakni mencapai 76. Sementara bagi sebagian trader, level di atas 70 menandakan bahwa suatu aset telah mengalami kenaikan terlalu jauh dan terlalu cepat. Pada tanggal 8 September, penaksiran tersebut malah naik sampai level 84, yang mana merupakan level overbought yang paling tinggi sejak tahun 2008.

Yield Obligasi Pemerintah Lebih Menarik Perhatian

Satu-satunya data ekonomi yang dirilis dari AS pada malam tadi adalah laporan pembukaan lapangan kerja dan ringkasan perputaran tenaga kerja (JOLTS), yang diumumkan mencapai 4.67 juta, lebih rendah daripada ekspektasi di 4.72 juta dan perolehan bulan lalu di 4.68 juta. Akan tetapi, selisih yang timbul tersebut tampaknya tak digubris oleh para trader.

Imbal hasil obligasi pemerintah yang mencapai level tinggi intraday 2.509% justru lebih menarik perhatian para investor. Entah karena adanya penawaran hutang baru dalam minggu ini atau memang para pelaku pasar sedang memasang harga dalam sentimen yang hawkish menjelang pertemuan FOMC, yang jelas, fenomena tersebut mampu menopang Dolar AS dalam menghadapi mata uang-mata uang mayor.

Dolar AS sedikit berubah terhadap Euro dengan mencapai posisi $1.2942 per Euro pada pukul 10:39 pagi waktu Tokyo, leboh tinggi dari angka kemarin di $1.2860. Terhadap yen, Greenback menghuni posisi 106.25, lebih lemah daripada posisi saat sesi New York malam tadi.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE