Menu

PGAS: Akan Jadi Anak Usaha Pertamina

Utari

Rini Soemarno menuturkan, pembentukan holding BUMN energi akan diwujudkan tahun 2016 ini. Pembentukan holding tersebut akan menjadikan perusahaan minyak dan gas PT Pertamina (Persero) sebagai induk dari holding BUMN energi tersebut.

Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menuturkan, pembentukan holding BUMN energi akan diwujudkan tahun 2016 ini. Pembentukan holding tersebut akan menjadikan perusahaan minyak dan gas PT Pertamina (Persero) sebagai induk dari holding BUMN energi tersebut. Salah satu anak perusahaan Pertamina adalah PT Perusahaan Gas Negara (Persero).

Rencananya, bergabungnya perusahaan berkode saham PGAS dalam holding tersebut akan dilakukan dengan memasukkan harta yang berbentuk aktiva dari pemegang saham dalam penyertaan modal perseroan atau inbreng. Pertamina nantinya juga akan membawahi beberapa perusahaan BUMN lainnya yang bergerak di bidang energi dan skema untuk "holdingisasi" yang diterapkan adalah perusahaan Pertamina sebagai induk harus 100 persen milik negara.

Akan tetapi, Meteri BUMN, Rini Soemarno masih belum memutuskan apakah ada nama baru yang akan dipakai untuk holding BUMN sektor energi tersebut. Dia hanya menjelaskan, pada dasarnya masih akan memakai nama pertamina karena yang akan masuk di perusahaan BUMN itu adalah Pertamina memiliki PGN.

Disamping itu, juga belum ada pembicaraan khusus tentang nama yang akan dipilih untuk perusahaan holding tersebut, jadi masih belum jelas apakah ada perubahan nama baru atau tidak. Namun, dia tidak menampik kemungkinan jika nama pertamina akan diganti menjadi Pertamina Holding atau Holding Energi.

Rencana untuk pembentukan holding BUMN juga sudah mendapat persetujuan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan selanjutnya usulan pembentukan holding ini akan dilaporkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

 


Berita Saham Lainnya




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE