Menu

RBA Lanjutkan Jawboning, Aussie Bisa Melemah Di Akhir Tahun

SFN

Ahli strategi CNBC memperkirakan bahwa Dolar Australia kemungkinan akan mengakhiri tahun 2014 ini dengan menghuni level di bawah 0.90. Penyebabnya adalah komentar Gubernur RBA, Glenn Stevens, bahwa mata uang Australia telah overvalued. Dengan demikian, Aussie pun turun ke level $0.9329 dari sebelumnya di $0.9439. Pada Jumat (04/07) pagi, Aussie mulai bertengger sedikit lebih tinggi di $0.9353.

Ahli strategi CNBC memperkirakan bahwa Dolar Australia kemungkinan akan mengakhiri tahun 2014 ini dengan menghuni level di bawah 0.90. Penyebabnya adalah komentar Gubernur RBA, Glenn Stevens, bahwa mata uang Australia telah overvalued. Dari situ, Aussie pun turun ke level $0.9329 dari sebelumnya di $0.9439. Pada Jumat (04/07) pagi, Aussie mulai bertengger sedikit lebih tinggi di $0.9353.


"RBA terus melancarkan jawboning yang melemahkan mata uang Australia. Perlu diketahui, jika bank sentral mengutarakan pernyataan-pernyataan yang melemahkan mata uang, maka para investor biasanya akan enggan untuk berinvestasi di aset-aset Australia." demikian ungkap David Forrester, ahli strategi mata uang di Macquarie. Forrester melihat adanya kemungkinan bahwa mata uang Australia akan jatuh hingga $0.88 di akhir tahun.

Tumbuhnya permintaan atas obligasi-obligasi Australia yang ber-yield tinggi, merupakan pemegang kendali utama atas menguatnya mata uang Negeri Kangguru tahun ini. Akan tetapi, jika petinggi RBA terus membicarakan pelemahan Aussie ditambah dengan menguatnya yield-yield obligasi AS, maka Dolar Australia akan berada di bawah tekanan.

Menurut David Woo, Kepala Riset Nilai Tukar Mata Uang Global Di Bank of America, pesimisme ekonomi yang merendahkan yield-yield AS, perlahan mulai berkurang memasuki kuartal ke tiga di tahun ini. "Oleh karena itu, daya tarik carry trade, termasuk Dolar Australia kemungkinan akan berkurang," ungkap Woo.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE