Menu

RBNZ Naikkan Suku Bunga Ke 3.5%, Kiwi Terjerembap

SFN

Bank Sentral New Zealand (RBNZ), pada hari Kamis (24/7) ini memutuskan untuk menaikkan suku bunga OCR-nya ke level tertinggi, 3.5%, dalam lima tahun terakhir. Kenaikan suku bunga RBNZ ini merupakan yang keempat kalinya di sepanjang tahun 2014. Tingkat suku bunga 3.5% ini naik 25 basis poin dari tingkat sebelumnya, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Bank Sentral New Zealand (RBNZ), pada hari Kamis (24/7) ini memutuskan untuk menaikkan suku bunga OCR-nya sebesar 25 basis poin ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir. Kenaikan suku bunga RBNZ ini merupakan yang keempat kalinya di sepanjang tahun 2014. Sesuai ekspektasi pasar, tingkat suku bunga RBNZ saat ini menjadi 3.5%.


Setelah kenaikan ini hingga akhir tahun 2014, pihak bank sentral tidak akan menaikkan tingkat suku bunganya lagi sembari melakukan pengukuran dampaknya pada perekonomian negara dan mengawasi pertumbuhan inflasi. RBNZ mengatakan bahwa suku bunga OCR memang harus segera dikembalikan pada level netralnya, yakni 100 basis poin dari level suku bunga pada bulan Maret 2014. Namun ternyata, perekonomian menunjukkan perlambanan akibat jatuhnya harga komoditas dan inflasi yang moderat.

"Kebijakan yang paling bijaksana saat ini adalah memberikan jeda untuk melakukan penilaian sebelum kembali melakukan penyesuaian suku bunga OCR ke level yang lebih netral," tutur Gubernur RBNZ, Graeme Wheeler. Selain itu, Wheeler juga mengatakan bahwa nilai tukar NZD yang tinggi "tidak berdasar dan tidak bisa dipertahankan". Akibat komentar itu, NZD mengalami perubahan drastis terhadap USD.

Respon Terhadap Kenaikan OCR RBNZ

Reaksi atas laporan kenaikan suku bunga RBNZ terebut cukup beragam. ANZ, bank nomor satu di New Zealand, menaikkan harga pinjaman floating home sebanyak 25 basis poin satu jam pasca laporan diturunkan. NZD/USD jatuh sebanyak 0.65% untuk diperdagangkan di kisaran 0.8616 sesaat setelah pengumuman suku bunga. Terhadap Dolar Australia, Kiwi pun merosot drastis dengan dari posisi 0.9208 ke posisi 0.9112.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE