Menu

Stimulus Fiskal Minim, Upaya Rebound NZD/USD Tersendat-sendat

A Muttaqiena

NZD/USD terpojok dekat level terendah sejak bulan Oktober 2018, karena pelaku pasar masih memperkirakan akan terjadinya pemangkasan suku bunga New Zealand.

Kemarin, NZD/USD tumbang lebih dari 0.5 persen karena bank sentral New Zealand memutuskan untuk tak mengubah peraturan mengenai Loan-to-Value Ratio (LVR). Kiwi berusaha menanjak ke kisaran 0.6520 dalam perdagangan sesi Asia hari Kamis ini (30/Mei), setelah rilis anggaran nasional menunjukkan minimnya peningkatan belanja pemerintah untuk stimulus fiskal. Namun, posisinya masih terpojok dekat level terendah sejak bulan Oktober 2018, karena pelaku pasar masih memperkirakan akan terjadinya pemangkasan suku bunga New Zealand dalam tahun ini.

Anggaran belanja pemerintah New Zealand untuk tahun 2019 mencatat kenaikan belanja operasional, sementara forecast GDP dan pendapatan nasional tak mengalami perubahan substansial. Kenaikan anggaran terbesar ditujukan untuk pengentasan kemiskinan anak-anak dan kesehatan kejiwaan, dengan perhatian minim bagi pembangunan ekonomi. Sejalan dengan itu, surplus anggaran diperkirakan bakal berkurang dan utang netto akan meningkat. Namun, pergeseran ini masih dalam kerangka aturan yang berlaku, sehingga tak terlampau berdampak terhadap NZD.

Laporan stabilitas fiskal yang dipublikasikan oleh bank sentral New Zealand (Reserve Bank of New Zealand/RBNZ) pada hari Rabu juga relatif datar. Pasar menanggapi dingin keputusan RBNZ untuk tidak mengubah LVR di tengah lesunya pertumbuhan kredit dan harga perumahan.

Sementara dua jadwal terbesar bagi Kiwi pekan ini gagal menjadi katalis pasar, investor dan trader berpaling kembali ke isu perang dagang AS-China dan proyeksi pemangkasan suku bunga. Kabar mengenai ancaman China untuk membatasi ekspor mineral langka merupakan salah satu pemicu yang menekan nilai dolar-dolar komoditas, termasuk AUD, NZD, dan CAD.

Di sisi lain, bank sentral Australia dipastikan bakal mengumumkan pemangkasan suku bunga pertamanya pada hari Selasa mendatang. Tindakan itu bisa memicu aksi jual pada Kiwi juga, karena RBNZ punya peluang sama besarnya untuk mengambil langkah serupa dalam waktu dekat.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE