Analisa XAU/USD: Resisten 1248 Dan Pola Koreksi Di H4

Harga tertahan di resisten 1248 dan terdapat pola koreksi Flag di H4 pada area 1248-1251 yang menunggu konfirmasi breakout atau reversal.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Assalamualaikum dan selamat siang para pembaca...

Secara umum, XAU/USD minggu ini didominasi sentimen bullish yang terlihat dari pola candlestick Weekly dengan Body panjang. Namun di Daily, terlihat harga sedang koreksi membentuk pola Flag pada H4. Area kunci resisten pada harga 1248.00 sedang diuji kembali, dan kita akan melihat bagaimana reaksi harga di area tersebut. Saya akan jelaskan lebih detail di masing-masing time frame di bawah ini.

 

XAU/USD Weekly

Pada grafik Weekly, sentimen bullish masih dominan, terlihat dari candlestick Weekly minggu ini dengan Body yang panjang. Harga tertahan di resisten 1248.00, dan masih berada di sekitar area tersebut. Kita akan melihat bagaimana reaksi harga ketika kembali menguji area resisten, apakah terjadi reversal atau harga akan terus bullish menuju resisten berikutnya.

XAU/USD Weekly

 

XAU/USD Daily

Pada grafik Daily, harga membentuk Flag dan tertahan pada resisten 1248.00. Terdapat dua candle bearish sebelumnya dengan masing-masing mempunyai Shadow atas pendek. Pola yang terbentuk dari dua candle bearish tersebut dapat dilihat pada H4.

XAU/USD Daily

 

XAU/USD H4

Pada grafik H4, area harga yang ditandai dengan segitiga biru adalah area sell di kisaran 1248.50-1251.27. Itu artinya, area ini akan rentan terhadap pergerakan harga sideways, sehingga pengambilan keputusan buy jangan dulu dilakukan. Sebaliknya, pengambilan keputusan sell hanya boleh dilakukan apabila telah terjadi konfirmasi reversal di H4.

XAU/USD H4

 

Peluang Entry XAU/USD

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan untuk peluang entry dengan rencana berikut:

  • Sell di kisaran 1248.50-1251.27
  • Buy jika: breakout 1251.30

Sebelum saya akhiri, ada beberapa hal penting yang menjadi kunci sukses keberhasilan menggunakan metode breakout triple time frame, antara lain: akurasi entry, penempatan Stop Loss, emergency exit, dan penempatan Take Profit. Hal ini perlu saya utarakan, terutama bagi para trader pemula yang belum menguasai manajemen risiko, serta mindset trading yang benar.

 

Akurasi Entry

  • Boleh: Entry hanya ketika harga telah konfirmasi reversal atau breakout.
  • Tidak boleh: Masuk entry di area sideways dan belum ada konfirmasi breakout atau reversal.

Biasanya, kesalahan entry ini muncul karena FOMO (fear of missing out) atau takut ketinggalan. Sifat takut ketinggalan adalah kesalahan fatal seorang trader dan hanya bisa diatasi oleh trader itu sendiri. Bahkan dengan metode profitable sekalipun, sifat ini bisa menghancurkan nilai ekspektasi (edge) metode tersebut, yang akhirnya mengakibatkan trader mencari-cari metode lain dan tidak melihat kesalahan pada dirinya sendiri.

Apabila Anda tidak bisa mengendalikan diri dan bersabar menunggu konfirmasi, saya menyarankan agar Anda mengambil sebuah buku dan menulis pada buku tersebut, berapa kali dalam sebulan kesalahan ini terjadi, dan berapa nilai kerugiannya. Metode ini akan melatih Anda menjadi trader yang sabar dan disiplin, karena melihat konsekuensi kesalahan. Abaikan hal ini, dan Anda tidak akan pernah belajar dari kesalahan. Itulah mengapa, seorang trader profesional selalu mempunyai Trading Plan sebelum melakukan transaksi dan menunggu dengan sabar sampai konfirmasi telah terjadi.

 

Penempatan Stop Loss

  • Boleh: Menempatkan Stop Loss pada beberapa pips di atas harga tertinggi atau di bawah harga terendah.
  • Tidak boleh: Menempatkan Stop Loss sebelum harga tertinggi, terendah, atau menempatkan Stop Loss sembarangan.

Penempatan Stop Loss yang salah akan menjadikan transaksi dengan arah yang benar akan tertutup duluan, karena terkena Stop Loss sebelum bisa mencapai target profit.

 

Emergency Exit

  • Boleh: Apabila harga tiba-tiba berbalik arah dan membentuk candlestick reversal pada H4, misalnya Engulfing, Piercing Line, atau ketika terjadi Shadow yang panjang berlawanan dengan arah posisi entry.
  • Tidak boleh: Exit tanpa ada alasan atau hanya karena harga sudah profit, sehingga takut kehilangan profit tersebut.

Saya punya dua solusi untuk hal ini. Pertama, geser Stop Loss ke area entry. Hal ini dilakukan untuk mencegah harga mencapai Stop Loss, terutama apabila ada berita fundamental yang akan keluar. Kedua, gunakan pola candlestick reversal atau parameter lain sebagai emergency exit. Apakah ada metode emergency exit yang sempurna? Tidak ada. Semua metode mempunyai kelebihan dan kekurangan, tugas trader-lah yang memilih metode apa yang paling profitable buat tradingnya.

 

Penempatan Take Profit

  • Boleh: Penempatan Take Profit pada area proyeksi (pola Chart) atau pada support dan resisten.
  • Tidak boleh: Penempatan Take Profit tanpa alasan hanya karena ingin mendapatkan sekian pips.

Penempatan Take Profit akan menentukan berapa Average Profit/Loss, sehingga berpengaruh langsung terhadap nilai ekspektasi metode kita.

Segala bentuk metode trading tidak ada yang mencapai Win Rate 100% dalam jangka panjang, bahkan seorang trader sekelas hedge fund sekalipun tidak mempunyai Win Rate yang tinggi, tapi masih bisa profitable. Dari pengalaman saya menggunakan metode ini selama bertahun-tahun, Win Rate rata-rata yang saya punya sekitar 45%-55%, dengan Average P/L sekitar 2.3.

Metode ini sangat baik pada market trending dan kurang baik pada market sideways. Saya akan update post ini apabila telah terjadi konfirmasi hingga exitnya. Trading yang profitable sebenarnya sederhana, tapi tidak mudah karena ini berkaitan dengan pengendalian diri si trader tersebut. Trader yang tidak bisa mengendalikan diri pada market akan selalu menjadi korban di market.

Update 13 Desember 2018

XAU/USD Daily

XAU/USD H4

Pada grafik Daily dan H4 diatas, harga menunjukkan belum mencapai area untuk entry. Pola ini masih valid dan belum menunjukkan setup tidak bisa dipakai lagi. Setup ini tidak valid apabila harga menembus batas bawah pola flag atau menembus harga 1241.00.

Update 14 Desember 2018

XAU/USD Daily

XAU/USD H4

Pada grafik Daily dan H4 diatas, harga menunjukkan setup tidak bisa dipakai lagi. Setup ini tidak valid karena harga telah menembus batas bawah pola flag.

Selalu gunakan money management yang baik untuk trading yang konsisten. Semoga analisa ini membantu para pembaca untuk melihat pergerakan harga dan mengambil keputusan transaksi.

Terima kasih

Arsip Analisa By : Rizki Rosadi

Bagaimana reaksi Anda tentang ini?

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.