Cari Harga Emas Termurah? Ada Di Negara Timur Tengah Ini

289881

Orang-orang berduit sering memborong perhiasan karena konon harga emas termurah di dunia ada di Dubai.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Tahukah Anda, negara mana tempat harga emas termurah bisa ditemukan? Harga emas cenderung murah di negara-negara yang mengenakan pajak rendah. Namun, Dubai (Uni Emirat Arab) konon dikenal sebagai surganya emas murah, sehingga orang-orang berduit dari seluruh dunia sering memborong perhiasan emas di sana. Bagaimana bisa Dubai menawarkan harga emas termurah di dunia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

1. Harga Emas Dubai Selaras Dengan Harga Internasional

Harga emas di setiap negara bisa berbeda-beda, karena setiap produsennya tentu harus menanggung biaya produksi dan memiliki marjin usaha yang tak sama. Musim jual dan beli emas yang berbeda-beda juga memengaruhi fluktuasi harga emas relatif di setiap negara. Umpamanya, harga emas di Indonesia boleh jadi jatuh saat menjelang lebaran karena banyaknya orang yang menjual emas untuk biaya mudik, sedangkan harga emas internasional malah naik dalam kurun waktu yang sama.

 

Entah bagaimana caranya, Dubai menjadi pengecualian dari situasi tersebut. Harga emas Dubai selalu mengikuti fluktuasi harga emas internasional. Di semua toko. Oleh karena itu, jika seseorang ingin membeli perhiasan saat posisi harga emas termurah, maka ia akan pergi ke Dubai.

Sebagai perbandingan: Acuan harga emas internasional (LBMA Gold Price) 49.52 per gram untuk logam 24k hari ini. Harga emas Dubai AED184.75 per gram untuk emas 24K, atau setara dengan USD50.30 (harga eceran mencakup juga biaya pengiriman dan cukai). Apabila dirupiahkan, AED184.75 kurang lebih sama dengan Rp713,448; jauh lebih rendah dibandingkan harga emas Antam batangan Rp766,000 per gram.

Emas Dubai

Saking banyaknya yang tergiur untuk shopping emas Dubai, Uni Emirat Arab menduduki posisi keempat dalam daftar 10 negara pembeli perhiasan emas terbanyak di dunia dan posisi kelima dalam daftar konsumen emas terbesar di dunia. Padahal, ukuran wilayah dan populasinya jauh lebih kecil dibandingkan negara-negara lain yang menduduki peringkat teratas.

 

2. Tarif Pajak Dubai Sangat Rendah

Dubai termasuk salah satu negara tax haven yang dikenal mengenakan tarif pajak sangat rendah di berbagai sektor. Tak terkecuali dalam jual beli emas. Tarif pajak pertambahan nilai (Value Added Tax/VAT) yang harus dibayar untuk pembelian emas di Dubai hanya sebesar 5%. 

Tarif itu sepintas lebih mahal dibandingkan pajak pembelian emas batangan di Indonesia yang sebesar 0.45% (untuk pemegang NPWP) atau 0.9% (untuk non-NPWP) sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017, tetapi masih termasuk salah satu pajak pembelian emas terendah di dunia. Pembeli emas di Dubai juga tidak dikenai pajak tambahan seperti Goods and Services Tax (GST) yang umum dikenakan oleh negara-negara seperti India.

 

3. Tawar Menawar Lazim Dilakukan

Harga emas perhiasan di Dubai juga relatif lebih murah, karena banyak toko yang memperbolehkan pembeli menawar. Toko-toko di mall elite Dubai boleh jadi tak memperbolehkan, tetapi toko-toko di Dubai Gold Souk dan Gold and Diamond Park kabarnya mengizinkan pembeli untuk menawar. Namun, tawar menawar hanya diperbolehkan sebatas biaya pembuatan perhiasan dan keuntungan toko saja. Tak ada toko yang akan memberbolehkan Anda membeli perhiasan emas di bawah harga bahan baku yang berlaku.

 

4. Kualitas Emas Dubai Terstandar

Anda tak perlu khawatir mengenai kualitas emas yang dibeli di Dubai, karena semua logam mulia yang dijual harus autentik dan diawasi dengan ketat oleh pemerintah. Setiap produk perhiasan emas harus memiliki sertifikat yang menjelaskan karat dan berat emas aktual dan batu permata secara terperinci, berikut biaya pembuatannya. Mengapa demikian? Karena dalam syariat Islam, emas merupakan salah satu barang yang rentan riba. Untungnya bagi calon pembeli, peraturan ketat seperti itu menjadikan harga emas Dubai benar-benar transparan, bebas manipulasi.

 

Nah, setelah mengetahui beberapa fakta unik ini, apakah Anda tertarik untuk memborong emas Dubai? Tunggu dulu. Apabila Anda ingin membawa pulang emas yang dibeli di Dubai, Anda bisa jadi akan kena cukai, baik dari pabean Dubai maupun pabean Indonesia. Biaya total aktual yang harus dibayar untuk pembelian emas Anda bisa jadi malah jauh lebih tinggi ketimbang harga emas di toko lokal Indonesia.

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.

20 September 2019 06:36

1,498.34 ( 0.01%)

Support : 1,490.82
Pivot : 1,497.00
Resistance : 1,504.72

50% Buy 100% Buy 100% Buy

80% Buy
Selengkapnya