Advertisement

iklan

EUR/USD 1.087   |   USD/JPY 149.210   |   GBP/USD 1.272   |   AUD/USD 0.655   |   Gold 2,160.57/oz   |   Silver 25.31/oz   |   Wall Street 38,790.43   |   Nasdaq 16,103.45   |   IDX 7,344.13   |   Bitcoin 67,548.59   |   Ethereum 3,517.99   |   Litecoin 87.11   |   McDonald's (NYSE:MCD) mengalami masalah teknologi global yang signifikan pada hari Jumat, menyebabkan gangguan operasional di berbagai lokasi internasional, termasuk AS, Australia, Inggris, Jepang, dan Hong Kong, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 turun 0.1% menjadi 5,207, sementara Nasdaq 100 turun 0.3% menjadi 18,181 pada pukul 19:06 ET (23:06 GMT). Dow Jones turun tipis menjadi 39,218, 3 jam lalu, #Saham AS   |   Michael S. Dell, CEO Dell Technologies Inc (NYSE: DELL), baru-baru ini telah menjual sejumlah besar saham di perusahaan tersebut. Ia membuang saham senilai lebih dari $145 juta dalam serangkaian transaksi, 3 jam lalu, #Saham AS   |   Reddit dan YouTube Google menghadapi tuntutan hukum yang meminta mereka bertanggung jawab karena membantu memungkinkan supremasi kulit putih membunuh 10 orang kulit hitam pada tahun 2022, 3 jam lalu, #Saham AS

Kecanggihan Payment Gateway Pada Multi Cryptocurrency

Penulis

Payment Gateway Cryptocurrency adalah platform pembayaran terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima berbagai macam mata uang kripto.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sejalan dengan makin booming-nya Cryptocurrency alias Mata Uang Kripto, bertambah pula kosakata kita dalam istilah-istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan digital. Salah satu diantaranya adalah Payment Gateway pada Multi Cryptocurrency, yang dikembangkan berdasarkan ekosistem Blockchain.

 

Apa Itu Payment Gateway Pada Multi Cryptocurrency?

Payment Gateway Cryptocurrency (Jalur Pembayaran Mata Uang Kripto) adalah platform pembayaran terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pembayaran pada beberapa Cryptocurrency (Mata Uang Kripto). Tujuannya adalah untuk menciptakan platform yang bisa meningkatkan kecepatan proses transaksi dengan mengurangi jumlah perantara yang terlibat.

Payment Gateway Cryptocurrency

Dengan menggunakan ekosistem Blockchain sebagai pondasinya, pembayaran menjadi sangat terenkripsi dan jauh lebih aman daripada jalur pembayaran online konvensional. Selain itu, biaya transaksi global dalam beberapa mata uang kripto yang dilakukan oleh penjual, distributor, pebisnis, dan konsumen menjadi lebih murah. Biasanya hanya membutuhkan fee transaksi sebesar $ 0.2 (Rp3,000) per transaksi yang dilakukan, tidak peduli berapapun jumlah yang dikirim maupun jarak antara kedua pelaku transaksi.

Smart Contract (Kontrak Pintar) yang ditanamkan pada platform tersebut digunakan untuk menegosiasikan dan menutup perjanjian pembayaran antara kedua belah pihak. Setelah kesepakatan dibuat, Smart Contract akan memverifikasi keakuratan pembayaran dan mempercepat proses transaksi ke counterparty yang benar. Hal ini memungkinkan otomasi tingkat tinggi, tanpa memerlukan intervensi (campur tangan) manusia.

Selain fungsi di atas, Smart Contract juga tersedia untuk tujuan audit dengan meningkatkan tranparansi proses serta penambahan lapisan keamanan pada transaksi yang terjadi. Keamanan tambahan akan memberikan jaminan dan rasa aman kepada para pedagang saat beralih ke gateway pembayaran terdesentralisasi, serta dapat membantu mereka untuk mendapatkan akses dengan platform yang lebih cepat. Pengguna akan merasa lebih nyaman dan lebih cenderung memilih platform pembayaran yang terbukti lebih aman dari serangan cyber yang mungkin terjadi.

 

Apakah perbedaan antara Payment Gateway Multi Cryptocurrency dengan Payment Gateway Konvensional?

Pembayaran Konvensional (Tradisional) seringkali disertai dengan resiko dan batasan yang tinggi terutama pada saat transaksi Internasional dilakukan.

Di sisi lain, Gateway pembayaran terdesentralisasi, seperti ErosCoin, sudah menerima lebih dari 500 jenis mata uang kripto yang berbeda. Sistem terdesentralisasi juga berarti bahwa pembayaran menjadi jauh lebih aman dan tidak rentan terhadap serangan-serangan cyber yang biasanya terjadi pada sistem pembayaran online. Tidak ada unsur manusia yang terlibat, sehingga dapat mengurangi kecurangan serta kesalahan yang mungkin berasal dari faktor "X" pada manusia. Apalagi, setelah pembayaran terjadi dan dicatat serta dikonfirmasi di dalam Ledger Blockchain (buku besar catatan transaksi terdesentralisasi), siapapun di dunia ini tidak dapat memodifikasi maupun menghapusnya.

Payment Gateway Cryptocurrency

Selain itu, "Middle Man" atau perantara pembayaran seperti Perbankan dan Jasa Transfer Internasional (Western Union, dll), seringkali mengambil keuntungan berupa fee yang besar dari transaksi yang dilakukan oleh klien pada sistem pembayaran konvensional, terutama pada pengiriman uang antar Negara. Berbeda halnya jika menggunakan jalur pembayaran mata uang kripto, tidak ada lagi perantara pihak ketiga yang bisa mendapatkan keuntungan pribadi karena pembayaran bersifat Peer-to-Peer (Individu ke Individu).

Berapapun jumlah uang yang dikirim melalui jalur pembayaran mata uang kripto, maupun jarak antar kedua pelaku transaksi, fee yang dikenakan tetap sama, yaitu hanya berkisar di angka $ 0.2 (Rp3,000) saja. Hal ini bisa sangat mempengaruhi pertumbuhan bisnis karena penghematan besar bisa dilakukan, apalagi bagi pemilik bisnis Internasional yang mengharuskan terjadinya transaksi antar Negara.

Tidak ada lagi pembekuan akun seperti yang terjadi pada perbankan konvensional, yang disebabkan oleh alasan-alasan tersembunyi yang mengakibatkan kerugian besar pada klien.

Sederhananya, Payment Gateway Pada Multi Cryptocurrency merevolusi seluruh sistem pembayaran di dunia ini dengan meruntuhkan batas-batas yang ada, serta memberikan rasa aman dan nyaman pada klien karena transaksi yang dilakukan terenkripsi dengan sangat kuat, hampir tanpa biaya dan proses eksekusi transaksi hanya dalam hitungan detik.

 

Apa keuntungan dari gateway pembayaran berbasis Blockchain?

Fokus utamanya adalah pada kenyamanan, keamanan, kecepatan dan penghematan biaya.

Sistem mandiri yang terdesentralisasi memberikan anda kebebasan penuh untuk kapan, di mana dan bagaimana anda melakukan transaksi. Kenyamanan dapat diperoleh melalui sebuah platform penerimaan mata uang kripto dengan jaringan standar yang dapat digunakan oleh pengguna yang berbeda di seluruh dunia, tanpa memerlukan aplikasi terpisah.

Payment Gateway Cryptocurrency

Automated Smart Contracts (Kontrak Cerdas Otomatis) dengan parameter yang telah ditentukan dapat memperbaiki kecepatan transaksi. Gateway pembayaran berbasis Blockchain, memungkinkan pihak pelaku transaksi untuk mengkonfirmasi penyelesaian pembayaran kemanapun di seluruh dunia hanya dalam waktu 15 sampai 20 detik saja. Berbeda dengan gateway pembayaran online konvensional yang bisa memakan waktu hingga 3 hari.

Eksekusi otomatis yang bisa dilakukan oleh Smart Contracts juga memiliki dampak signifikan terhadap biaya transaksi. Perantara seperti Bank, Kliring, maupun jasa pembayaran dan penerimaan lain dapat men-charge fee transaksi yang tinggi, sehingga biaya transaksi yang sebenarnya tidak perlu dikeluarkan menjadi membengkak. Namun, dengan menggunakan gateway pembayaran berbasi Blockchain yang memanfaatkan Smart Contracts, mampu menghilangkan kebutuhan terhadap pihak ketiga dan perantara, sehingga biaya overhead bisa diminimalkan sampai ke level absolut (hampir tanpa biaya apapun).

 

Apa kelebihan lain yang dimiliki Gateway Pembayaran berbasis Blockchain?

Beberapa platform memang hanya berfokus pada pembayaran mata uang kripto yang spesifik. Namun, gateway pembayaran yang terdesentralisasi, seperti ErosCoin misalnya, memfasilitasi proses pengiriman dan penerimaan dalam berbagai jenis mata uang kripto, serta menyediakan ekosistem yang jauh lebih lengkap.

Terlepas dari Smart Contracts, ada sejumlah aplikasi terdesentralisasi yang tersedia di platform berbasis Blockchain.

 

In-Chat Payments

Ada fitur baru pembayaran in-chat yang dapat memudahkan pengguna untuk mengirim pembayaran dengan hanya mengirimkan pesan teks. Sambil Chatting (mengobrol), anda bisa request pembayaran melalui pesan teks. Begitu rekan kerja, teman, keluarga, ataupun rekan bisnis menyetujui permintaan tersebut, sebuah Smart Contracts akan memverifikasi keasliannya dan uang sejumlah yang anda request akan dikirimkan ke akun anda.

 

P2P Lintas Negara

Fitur lainnya adalah pembayaran peer-to-peer (P2P) lintas Negara, yaitu metode pengiriman hampir bebas biaya, cepat, dan tanpa hambatan dalam proses transaksi mata uang antara kedua belah pihak yang berjauhan. Karena hampir bebas biaya, anda dapat leluasa mengirimkan berapapun jumlah tanpa khawatir dengan jarak geografis anda dengan penerima, ataupun sebaliknya.

 

Mobile Wallet

Mobile Wallet (Dompet Mobile) dengan aksesibilitas jarak jauh dan antarmuka yang mudah digunakan, akan mempermudah pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan mata uang kripto anda tanpa memerlukan rekening bank tradisional. Karena semakin banyak orang bergantung pada Smartphone untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka, aplikasi Mobile Wallet dapat digunakan untuk mengirim uang dengan aman dan langsung sampai ke Mobile Wallet lain dengan alamat Blockchain yang valid, melalui jaringan terdesentralisasi.

Solusi proses pembayaran seluler dapat memberikan fleksibilitas dan kenyamanan untuk menerima pembayaran kartu kredit dari manapun di dunia dan memungkinkan integrasi pembayaran mobile lebih lanjut.

 

Manajemen yang Mudah

Solusi tambahan yang dapat diimplementasikan pada platform berbasis Blockchain meliputi manajemen produk, manajemen pesanan, dan aplikasi manajemen faktur. Seiring penggunaan payment gateway yang lebih maju, maka memungkinkan bisnis anda menjadi one-stop shop dan menjadi perusahaan eCommerce yang sukses.

280828
Penulis

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.


Kastana
ATM bitcoin di Indonesia kapan yah adanya? Hmm, kayaknya susah deh, soalnya BI tidak mengakui bitcoin dan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia yah selama ini. Padahal fitur utama dari mata uang kripto adalah sistem transfer ter-desentralisasinya sih menurut saya, jadi bisa kirim bitcoin di mana saja, ke mana saja dengan biaya transfer yang super rendah tanpa campur tangan perantara.