PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan membagikan dividen senilai Rp2.5 miliar dari laba tahun buku 2023, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2024, pendapatannya berkurang 10.49% secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -4.20%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) -2.90%, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) -2.60%, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.49% ke 7,120, 3 jam lalu, #Saham Indonesia
Forum  > Strategi Trading

Cara Trading Dengan Pola ABCD

  Suryana |   14 Sep 2015 |   5505

bagaimana caranya trading dengan pola abcd?

  M Singgih   |   15 Sep 2015

@ suryana:
Pola ABCD termasuk dalam pola harmonis (harmonic pattern) yang mengikuti aturan Fibonacci retracement dan expansion. Pola harmonis lainnya adalah: pola Gartley, pola butterfly, pola three drive, pola crab dan pola bat. Semuanya mirip dengan pola gelombang Elliot yang juga mengikuti aturan Fibonacci.
Formasi untuk pola ABCD adalah sbb:

aturan Fibonacci


Misal Anda telah menemukan formasi yang mirip dengan pola bullish ABCD, maka lakukan pengukuran apakah sudah sesuai dengan aturan pada pola tersebut:
1. Apakah retracement BC berakhir pada 0.618 dari panjang AB (total pergerakan AB)?
2. Apakah panjang extension CD berakhir 1.272 dari panjang BC?
3. Apakah panjang AB mendekati atau hampir sama dengan panjang CD?

Jika ke 3-nya benar maka Anda bisa open buy pada titik D. Analisa sebaliknya untuk pola bearish ABCD.

  Desta   |   5 Aug 2016

Gan mau nanya ada nggak indikator buat pola abcd?

  Basir   |   6 Aug 2016

Untuk Desta,

Untuk Pola ABCD, termasuk pola Elliott Wave yang ditemukan oleh Ralph Nelson Elliot. Dalam pengembangannya ada :

Pola ABCD & Three Drive
Pola Gartley & Binatang

Pola ini memang mirip gelombang. Gelombang ini bisa di deteksi dengan
Indikator Fibonacci, Trendlne, Zigzaz atau yang lainnya.

Hanya saja pengalaman saya , untuk mengetahui gelombang ini adalah dengan menggunakan pola zig zaz seperti ini,

Menurut saya ini sangat sederhana. Hanya membutuhkan indikator tambahan.
Anda bisa menyimak uraian tentang hal ini di Elliott Wave.

Untuk pola binatang, nanti ada pola kupu-kupu, kelelawar, dan kepiting (mirip rasi bintang). Dan dalam pengembangnnya dan pengelompokannya trading dengan pola ini bisa di sebut trading dengan Harmonic.

Thanks.

  Yana Marliana   |   28 Apr 2022

maaf pak saya newbie, saya pernah mendengar istilah ABC dalam trading, bisakah diberikan penjelasan pak? terima kasih

  M Singgih   |   29 Apr 2022

@ Yana Marliana:

Maaf, istilah ABC dalam trading saya belum pernah mendengar, jadi tidak tahu.

  Nur Salim   |   4 May 2023

Yana Marliana:

ada 2 yang setahu saya penggunaan istilah ABC ini. Pertama jika konteks yang dibahas masalah teknikal biasanya hal ini mengacu pada Elliott Wave yang biasanya disimbolkan dengan pola ABC. Kedua, jika konteksinya diluar masalah teknikal , ABC biasanya menjadi singkatan dari Asal Biru Close atau Asal Biru Cut. Hal ini merepresentasikan gaya trading trader yang asalkan harga sudah biru atau profit maka posisi akan cepat-cepat ditutup.

  Fadly   |   24 Jun 2022

Sama, saya juga baca-baca di grup telegram ada metode ABC, bilangnya "asal biru close". Maksudnya apa ya?

  Kiki R   |   27 Jun 2022

@Fadly: "Asal biru close" (ABC) adalah istilah yang bisa digunakan oleh para trader Indonesia yang close posisi saat posisi entrynya sudah biru alias floating profit.

Cara ini kurang disarankan karena membuat mental Anda jadi selalu takut menahan profit. Biasanya mereka yang menggunakan cara ABC ini biasa floating loss dan menahan posisi tersebut hingga berhari-hari.

  Aisha   |   13 Mar 2023

Fadly:

Soal ABC (Asal Biru Close) itu begini ceritanya.

Ketika kita open order pada trading forex, kita akan langsung terkena spread, sehingga riwayat transaksi akan menunjukkan tanda minus dengan warna merah (trade mengalami floating negatif). Apabila harga bergerak sesuai prediksi kita, maka angka dalam riwayat transaksi itu lama kelamaan akan berubah menjadi positif dengan warna hijau atau biru (menandakan floating positif).

Nah, praktek ABC adalah tindakan menutup suatu trade segera setelah angka pada riwayat transaksi itu menjadi positif.

Ini bukan suatu tindakan yang bagus, karena nantinya trader hanya akan memperoleh profit recehan. Di sisi lain, trader mungkin harus menanggung loss yang jauh lebih besar karena dia enggak mau cut loss.

Para trader yang berpengalaman biasanya justru menerapkan strategi yang berlawanan dengan ABC, yakni "cut your losses short and let your profits run" yang berarti "hentikan loss lebih awal dan bersabarlah mengakumulasi profit".

  Dwi Prasetya   |   5 Mar 2023

Apakah pola ABC ini berbeda dengan ABC yang ada di eliot wave pak? Sekilas tampak sama dengan posisi awal yang berbeda saja

  Kiki R   |   12 Mar 2023

Jawaban untuk Dwi Prasetya:

Meskipun keduanya memiliki istilah yang sama, pola ABC dalam Elliott Wave dan pola ABC dalam analisis teknikal biasanya memiliki pengertian yang berbeda dan digunakan dalam konteks yang berbeda pula.

Pola ABC dalam analisis teknikal biasanya mengindikasikan pola koreksi dalam suatu trend. Pola ini terdiri dari tiga gelombang, dengan gelombang A dan C bergerak dalam arah yang berlawanan dengan trend utama, sedangkan gelombang B biasanya bergerak dalam arah yang sama dengan trend utama.

Sementara itu, pola ABC dalam Elliott Wave mengacu pada pola koreksi yang lebih spesifik dan kompleks dalam suatu trend.

Pola ini terdiri dari tiga gelombang, dengan gelombang A sebagai gelombang koreksi awal yang mengikuti arah trend utama, kemudian diikuti oleh gelombang B sebagai gelombang koreksi yang lebih pendek dan gelombang C sebagai gelombang koreksi akhir yang lebih panjang. Gelombang C biasanya menyelesaikan koreksi dan bergerak kembali dalam arah trend utama.

  Handayani   |   28 Apr 2023

Dwi Prasetya:

Beda ya. Aku nggak ngerti teori-teorinya, tapi kalau biasa pakai Tradingview buat analisis, di sana banyak indikator/script/bot/EA yang bisa deteksi otomatis Elliott Wave dan pola Harmonic seperti ABCD.

Kalau sudah pasang salah satu script, kita bahkan nggak perlu repot cari atau gambar-gambar pettern sendiri Tapi script dan hasil sinyalnya beda-beda antara Elliott Wave & Harmonic.

Ini contohnya di EURUSD H4 dengan detektor Harmonic:

Pola Harmonic di Tradingview

Trus ini EURUSD H4 juga, tapi dengan detektor Elliot Wave:

Elliott Wave di Tradingview

Nah, beda kan.

Kategori Forum