Harga Minyak Bumi Hari Ini

Tanggal

Komoditas   Harga  
Brent Crude (ICE) 50.45 -0.35 -0.69%
WTI Crude Oil (Nymex) 47.50 -0.47 -0.98%

Saat ini penetapan harga minyak bumi didasarkan pada dua kelompok/standar yang umum dan besar yaitu.

Brent (Brent Crude) merupakan nilai standarisasi minyak yang sumbernya berasal dari laut utara(eropa) sedang nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.
Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971 untuk hampir 40% nilai minyak diseluruh dunia, dan terus digunakan sampai sekarang ini.

Namun, dalam perkembangannya, karena produksi dari Brent terus mengalami penurunan maka sejak 2007 berkembang standarisasi harga baru yaitu WTI.

WTI (West Texas Intermediate ) - adalah minyak bumi yang diproduksi di Texas (AS), dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk bensin industri dan itulah sebabnya minyak ini banyak diminati, terutama di AS dan Cina.

Tabel Perbandingan Harga Minyak Bumi WTI Dan Brent


Saudi Gunting Ekspor Minyak Ke AS, Lindungi Asia

Saudi Gunting Ekspor Minyak Ke AS, Lindungi Asia

Ekspor minyak mentah Arab Saudi ke Amerika Serikat pada Maret akan turun sebanyak 300,000 barel per hari (bph) dibanding bulan Februari.
Isu Surplus Global Mengemuka Lagi, Jagal Harga Minyak

Isu Surplus Global Mengemuka Lagi, Jagal Harga Minyak

Harga minyak mentah jatuh akibat kerisauan mengenai peningkatan inventori AS kembali mengemuka. Peningkatan ekspor Libya juga membebani harga.
Proyeksi Transaksi Emas Hitam

Proyeksi Transaksi Emas Hitam

Jika kita melihat kondisi saat ini, suplai emas hitam masih sangat besar di market. Dengan latar fundamental demikian, strategi apa yang bisa kita ambil dalam perdagangannya?
Ekor Candle US OIL Tunjukkan Down Rejection

Ekor Candle US OIL Tunjukkan Down Rejection

Harga sudah mampu mem-break level harga 51.00 dengan candle bearish yang kuat. Namun wick/ekor yang terbentuk menampakkan down rejection yang patut kita perhatikan.