Harga Minyak Bumi Hari Ini

Tanggal

Komoditas SATUAN +/- +/-(%) HARGA
Brent Crude (ICE) USD/bbl. -0.10 -0.20% 50.17
WTI Crude Oil (Nymex) USD/bbl. -0.20 -0.43% 46.58


Saat ini, terdapat dua harga acuan minyak bumi yang paling banyak digunakan di dunia. Yaitu harga minyak Brent dan WTI (West Texas Intermediate).

Brent (Brent Crude) merupakan sebutan untuk minyak hasil tambang dari Laut Utara (Eropa), dengan nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.
Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971 untuk hampir 40% nilai minyak diseluruh dunia, dan terus digunakan sampai sekarang ini.

Namun, dalam perkembangannya, produksi minyak Amerika Serikat semakin meningkat dan berkontribusi besar dalam pangsa pasar dunia, sehingga harga minyak WTI mulai dijadikan referensi sejak sekitar tahun 2007.

WTI (West Texas Intermediate) adalah minyak bumi yang diproduksi di Amerika Utara, dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk produk bensin. Jenis minyak ini lebih ringan dan mudah diolah, sehingga banyak diminati, terutama di AS dan China.

Selain Brent dan WTI, masih ada jenis-jenis minyak lain yang banyak diperdagangkan di dunia, seperti Dubai Crude (minyak bumi asal Dubai), Oman Crude (minyak bumi asal Oman), Urals Oil (harga minyak acuan ekspor Rusia), dan OPEC Reference Basket (rerata harga minyak yang diekspor negara-negara OPEC). Namun, patokan umum dalam penetapan harga minyak bumi berkiblat pada Brent dan WTI.

Tabel Harga Minyak Bumi Brent Dan WTI


Peluang Trading Forex
Dengan kapitalisasi pasar terbesar yang bergerak 100 hingga 250 pips per hari. Maka Anda bisa mendapat $10-100 per hari, hanya dengan modal $2000-an saja. Plus, Anda bisa melakukan di mana saja dan kapan saja (PC, Android, Tab, dsb). Penasaran?

SHARE:

SHARE:

 
Kenaikan Produksi AS Nistakan Upaya OPEC Dongkrak Harga Minyak Kenaikan Produksi AS Nistakan Upaya OPEC Dongkrak Harga Minyak
By A Muttaqiena, 17 Aug 2017, In Berita Minyak, View 174
Laju produksi minyak AS kini secara keseluruhan mencapai 9.5 juta bph, level tertingginya sejak Juli 2015.
Harga Minyak Anjlok Akibat Penurunan Demand Dari Tiongkok Harga Minyak Anjlok Akibat Penurunan Demand Dari Tiongkok
By A Muttaqiena, 15 Aug 2017, In Berita Minyak, View 368
Harga minyak anjlok ke level terendah tiga pekan. Pasalnya, muncul laporan bahwa permintaan (demand) minyak dari Tiongkok merosot di bulan Juli 2017.
Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (9-14 Agustus 2017) Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (9-14 Agustus 2017)
By Ardi99, 9 Aug 2017, In Analisa Minyak, View 321
Melihat dari trendline, yang mewakili kenaikan pada US OIL, kemungkinan harga dapat jatuh ke sekitar trendline ini sebelum mencoba naik kembali.
Benarkah Emas Itu Aset Safe Haven? Benarkah Emas Itu Aset Safe Haven?
By Utari, 13 Jul 2017, In Artikel Emas, View 2588
Emas dipandang oleh investor sebagai safe haven ketika pasar finansial atau ekonomi sedang terpuruk. Benarkah? Dua orang peneliti Irlandia melakukan studi tentang hal ini.
Komentar: 60