Menu

Ulasan Saham 04 Maret: Menu Trading Saham Hari Ini

Aditya Putra

Setelah gagal mengkonfimasi Breakout Double Top, indeks akan kembali mencobanya di jangka pendek ini. Namun, situasi eksternal dan domestik tentu haruslah kondusif.

IHSG View

Investor kembali melakukan bargain hunting di tanggal (01/03), setelah sebelumnya indeks mengalami tekanan jual yang cukup dalam akibat tekanan geopolitik. IHSG naik +0.87% pada Jumat (01/03).

Beberapa sektor yang mendorong kenaikan IHSG bisa lihat di bawah ini:

  1. Infrastruktur +1.32%
  2. Barang Konsumsi +2.36%
  3. Aneka Industri +0.77%

 

Macro View

Bank Indonesia (BI) memberi sinyal suku bunga acuan alias BI-7DRRR (Days Reverse Repo Rate) akan diturunkan. Meskipun belum secara gamblang dijelaskan mengenai waktunya. Hal ini dilihat dari inflasi yang terkendali di level yang rendah. Seperti yang diketahui inflasi sepanjang tahun 2018 tercatat 3.13%. Sedangkan inflasi Januari-Februari 2019 tercatat 0.24%.

 

Komentar: Menunggu Rilis Data Makro Pekan Ini

Update: Investor akan menunggu beberapa data penting makro di pekan ini yang akan memberikan gambaran mengenai kinerja dan posisi dari sisi moneter dan fiskal, rilis laporan keuangan emiten juga masih akan menjadi dorongan positif bagi indeks domestik. Kami memprediksi sektor barang konsumsi, pertambangan dan infrastruktur masih dapat di pertahankan dan akan memiliki potensi penguatan di sepanjang pekan ini.

 

Di pekan ini ada beberapa rilis data internasional yang patut menjadi perhatian investor, di antaranya: AS akan merilis laporan tenaga kerja, ISM Non-Manufacturing Index, serta New Home Sales. Bank of China (BoC) juga akan merilis kebijakan moneter dan neraca perdagangan. Sementara dari domestik, investor bisa mencermati Consumer Confidence, Retail Sales dan Foreign Exchange Reserve.

 

Teknikal

Setelah gagal dalam melakukan Breakout Double Top, indeks kembali mencoba untuk Break High Level seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, potensi untuk naik masih cukup terbuka di tengah tren konsolidasi indeks setelah gagal mengkonfirmasi kemarin. Level resistance 6,552 dan 6,581 menjadi target terdekat indeks untuk mengkonfirmasi Breakoutnya.

Jakarta Composite Index Snapshot

Range IHSG: 6,460-6,550

Prediksi: Bullish

 

Saham-Saham Pilihan

1. TLKM (Telekomunikasi Indonesia)

Last price: 3,910

Harga masih bertahan di tren konsolidasi yang positif, MA5 masih di atas MA20 dan MA50. RSI 48.5%. Jika berhasil melewati 3,940; tren konsolidasi berubah menjadi bullish.

Action: Hold

 

2. ANTM (Aneka Tambang)

Last price: 1,055

Long white candle dan mulai kembali Rebound, RSI 60.9%. volume beli kembali muncul dan diikuti oleh garis MA5 yang masih bertahan di atas MA20.

Action: Hold

 

3. ACES (Ace Hardware)

Last price: 1,800

Memulihkan tren Bearish dalam sepekan terlihat dari long white candle, MA5 gagal memotong ke bawah MA20. RSI 50.3% berpotensi Rebound dan bullish dalam jangka pendek.

Action: Hold

 

4. BBNI (Bank BNI)

Last price: 8,975

MACD Golden Cross dan diikuti oleh volume beli serta indikator Oscillator yang berpotensi Rebound, MA5 memotong ke atas MA20 dan MA50.

Action: Buy






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE