Bearish Divergence Dan Peluang Bearish Di Area Resisten 1257

281531

Terjadi Bearish Divergence dan Emas tertahan kuat pada Area Resisten 1257, sehingga memungkinkan peluang Bearish untuk Emas.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Harga emas berakhir dengan kenaikan moderat dalam lingkup sideways pada hari Jumat, membukukan kenaikan untuk minggu ini setelah penurunan tiga minggu berturut-turut.

Emas mencatatkan kenaikan mingguan pertama dalam empat pekan, setelah Federal Reserve bertahan pada proyeksi tiga kenaikan suku bunga untuk tahun depan, sementara Dolar menurun di tengah kekhawatiran reformasi pajak AS. Emas juga mendapat dorongan setelah Federal Reserve mengumumkan keputusannya minggu lalu untuk menaikkan suku bunga, seperti yang diharapkan, dan tidak mengubah perkiraan inflasi dan tingkat suku bunga pada 2018.

Emas untuk pengiriman bulan Februari naik $3.70 atau 0.3%, berada di level $1260.80 per ons pada hari Jumat.  Penguatan tersebut telah menjadikan perdagangan teraktif sejak 6 Desember lalu.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1253. Emas bergerak bullish-sideways pada perdagangan kemarin dan mencetak high mingguan baru kembali di area 1260.

XAUUSD H1

 

Perhatikan chart H1 di atas. Secara teknikal, pergerakan konsolidatif yang terjadi di area resisten 1257.10 saat ini sedang menunjukkan bahwa level tersebut adalah level kuat untuk saat ini. Terlihat banyak sekali penolakan (rejection) di area tersebut. Selain itu, juga terlihat divergensi dari indikator RSI. Terjadinya divergensi dan harga yang juga sedang berkutat di area resisten selama dua sesi perdagangan, menunjukkan bahwa harga akan bersiap untuk memantul –secara teknikal. Sehingga, melihat peluang dan momentum yang ada maka skenario yang dapat dipakai sebagai acuan trade kali ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama untuk hari ini adalah mencoba peluang Sell. Bearish divergence yang terjadi dari indikator RSI dan harga sedang tertahan kuat pada level resisten 1257.10, menunjukkan seller sedang menjaga level tersebut, sehingga menahan laju bullish. Level tersebutlah yang dapat digunakan sebagai acuan entry kali ini. Perhatikan jika harga menuju level tersebut, maka cari peluang Sell di sekitar area tersebut yang valid dan terkonfirmasi. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat mempermudah anda mencari peluang entry tersebut. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario bounce ini valid, maka setidaknya logam kuning ini akan melemah kembali hingga pada 1252.78 atau bahkan 1246.12. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat atau maksimal pada 1263.14 dengan tetap mempertimbangkan risk:reward minimal 1:1.

  2. Sedangkan jika harga tidak memberikan peluang untuk Sell on Rallies, maka peluang Sell juga dapat diambil di sekitar area support 1252.78. Jika harga kembali turun hingga menembus level tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka harga akan kembali turun. Cari peluang Sell jika harga telah menembus level tersebut. Sehingga, peluang Sell dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali turun setidaknya hingga 1246.12. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  3. Namun waspadai jika terdapat dorongan yang kuat hingga harga menembus resisten 1263.14. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di atasnya, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga peluang BUY hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini menguat hingga 1267.72. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1274.43
R2    : 1267.72
R1    : 1263.14
Pivot    : 1257.10
S1    : 1252.78
S2    : 1246.12
S3    : 1240.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.