OctaFx

iklan

Emas Kembali Sideways Pasca Fed Rate Hike

281510

Emas kembali bergerak sideways, setelah sebelumnya reli akibat pengumuman kenaikan suku bunga AS yang tak berdampak positif bagi Dolar.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas berjangka bergerak stagnan pada perdagangan kemarin, namun masih mencatatkan kenaikan di atas level 1250. Harga emas meninggalkan level terendahnya pasca keputusan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga AS. Penguatan logam ini juga terkait kemungkinan akan adanya tiga kenaikan lagi di 2018, bukan empat.

Emas berjangka sempat menjajal level tertinggi mingguannya di area 1259 kemarin, sebelum akhirnya kembali melemah –namun tetap berada di atas ambang 1250, sehingga menyebabkan pergerakan menjadi sideways. Emas berjangka memangkas kenaikan semalam pada hari Kamis setelah laporan Departemen Perdagangan menunjukkan penjualan ritel AS meningkat sebesar 0.8% menjadi $ 492.7 miliar pada bulan November. Pembelian konsumen merupakan komponen terbesar dari produk domestik bruto AS. Oleh karena itu, pelaku pasar memonitor data ini untuk mengukur ekonomi.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1254. Emas bergerak sideways pada perdagangan kemarin, walau sempat mencetak new high pada area 1259.

XAUUSD H1

 

Perhatikan chart H1 di atas. Secara teknikal, kini emas kembali berkonsolidatif. Indikator teknikal pada time frame Hourly tersebut menunjukkan sentimen yang bervariasi, sehingga untuk saat ini belum dapat memberi petunjuk yang pasti. Penyempitan indikator Bollinger Band juga menjadi indikasi bahwa pelaku pasar kini sedang tidak bersemangat. Pergerakan konsolidatif ini terjadi pasca reli emas setelah The Fed menaikkan suku bunganya. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas, maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poinT, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama untuk hari ini adalah mencoba peluang Buy. Level entry acuan yang perlu diperhatikan masih sama yakni level resisten 1257.10. Menembus level tersebut akan berpotensi untuk emas melanjutkan rebound-nya. Jika level tersebut pecah sehingga harga bergerak stabil diatasnya dan diiringi konfirmasi dari price action dan indikator teknikal, maka pair ini akan menguat kembali. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka setidaknya logam kuning ini akan menguji level selanjutnya pada 1263.14. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan untuk entry Sell, level acuannya berada pada area 1252.78. Jika harga kembali turun hingga menembus level tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka harga akan kembali turun. Cari peluang Sell jika harga telah menembus level tersebut. Sehingga, peluang Sell dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka logam ini akan kembali turun setidaknya hingga 1246.12. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1267.72
R2    : 1263.14
R1    : 1257.10
Pivot    : 1252.78
S1    : 1246.12
S2    : 1240.83
S3    : 1232.51

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.