Emas Semakin Menguat Di Tengah Risiko Perang Dagang AS-China

Reli emas terus berlanjut seiring dengan antisipasi para investor akan ketegangan politik dan ancaman perang dagang AS-China.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali bergerak menguat dan melanjutkan relinya hingga ke level tertinggi selama lima pekan pada hari Jumat (23 Maret) kemarin. Risiko akan kemungkinan terjadinya perang dagang, turut meningkatkan permintaan logam kuning ini setelah Trump berencana membebankan biaya tambahan atas barang impor yang berasal dari China.

Selain itu, Presiden Donald Trump menunjuk John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional barunya. Perkembangan ini turut meningkatkan ketegangan geopolitik dan mendorong kenaikan minyak mentah, serta juga logam mulia.

Minat investor pada emas batangan kembali meningkat karena kekhawatiran atas risiko global. Pengesahan Bolton dinilai akan menambah risiko geopolitik antara AS dan beberapa negara penting lainnya di dunia, terutama Iran dan Korea Utara. Para investor kembali beralih ke logam mulia, sehingga emas bisa melanjutkan relinya. Penguatan emas pada hari Jumat kemarin adalah dampak dari reli lanjutan yang sebelumnya terjadi karena pengumuman hasil FOMC pekan lalu.

Dari segi teknikal, emas semakin dekat dengan resisten kuat yang berada di kisaran 1357-1365 (puncak tertinggi pada 25 Januari kemarin). Pengujian level tersebut kemungkinan dapat terulang kembali, mengingat indikator teknikal pada timeframe daily seperti gambar di bawah ini sedang menunjukkan sentimen bullish. Penembusan level tersebut dapat membawa emas untuk berada pada level yang lebih tinggi. Namun jika gagal, konsekuensinya emas akan kembali terpukul mundur. Apakah emas kali ini akan berhasil mempenetrasi level tersebut? Ataukah emas kembali terpukul mundur seperti data historis terdahulu? Kita lihat saja nanti.


XAUUSD Daily


Analisa Dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas ditutup menguat hingga level 1347 pada perdagangan Jumat (23 Maret) kemarin.


XAUUSD H1

 

 

Emas diperdagangkan menguat pada perdagangan Jumat kemarin, seiring dengan antisipasi para investor yang mengkhawatirkan risiko ketegangan geopolitik. Setelah sebelumnya emas menguat karena kekecewaan para investor terhadap program suku bunga The Fed, kini emas menguat karena didukung potensi ketegangan politik. Oleh karena itu, melihat potensi dan peluang yang ada, maka bias intraday kali ini adalah BULLISH.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu masih mencoba peluang Buy. Sedangkan untuk area acuan skenario kali ini berada pada resisten area sekitar 1352.15. Maka tunggu hingga harga bergerak di sekitar area tersebut dan melewatinya, sebelum membuka posisi Buy. Jika harga akhirnya berhasil menembus level tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal serta price action, maka peluang Buy dapat diambil. Apabila skenario breakout ini valid, maka emas akan kembali melanjutkan penguatan hingga menguji level resisten selanjutnya yang berada di sekitar 1365.93. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di bawah swing low terdekat, atau maksimal berada disekitar area 1341.04.

  2. Sebagai alternatif, perhatikan jika harga ternyata melemah kembali hingga menembus level support 1341.04. Karena dengan demikian, emas akan retest level support kembali. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell sesaat setelah mendapatkan peluang break yang terkonfirmasi di sekitar area tersebut. Setelah penembusan terjadi, emas akan kembali ke level 1335.29. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat atau maksimal pada area sekitar 1352.15


Selalu ingat dan pahami risiko dan money management Anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1374.99    
R2    : 1365.93
R1    : 1352.15
Pivot: 1341.04
S1    : 1335.29
S2    : 1322.75
S3    : 1314.57

 

 


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.