OctaFx

iklan

Fokus Pasar Beralih Ke Jackson Hole, Bias Emas Jadi Netral

Dari pandangan teknikal, jika dilihat chart mingguan, nampak pergerakan emas masih kuat untuk dibeli. Indikator teknikal juga memberikan sinyal yang seragam.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Pelaku pasar dan investor saat ini sedang mengalihkan perhatian mereka pada pertemuan para pejabat bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, di mana ketua Federal Reserve, Janet Yellen, dan pimpinan Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, akan menyampakan pidatonya mengenai prospek kebijakan moneter dan tingkat suku bunga.

Emas naik tipis di sesi perdangangan kemarin dekat dengan resisten psikologis 1300 di tengah memanasnya hubungan AS dan Korut dan ketidakpastian politik di Amerika Serikat menjelang konferensi ini berlangsung. Tidak hanya itu, penyebab lain dari naiknya aset save haven ini juga dikarenakan ancaman Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk melakukan government shutdown dan kemungkinan berakhirnya perdagangan bebas di Amerika.

Dari pandangan teknikal, jika dilihat chart mingguan, nampak pergerakan emas masih kuat untuk dibeli. Indikator teknikal juga memberikan sinyal yang seragam, sehingga bias mingguan (jangka panjang) adalah bullish.

Harga bergerak di atas garis tengah dari Bollinger Band. Tak hanya itu, indikator teknikal RSI dan OsMA juga telah berpindah haluan dari bearish menjadi bullish. Logam kuning ini kini berada dekat pada level psikologis 1300. Level tersebutlah yang menjadi halangan untuk logam mulia ini. Dekat dengan level kunci biasanya akan membuat pergerakan yang tidak biasa dan tidak teratur. Berbagai macam skenario dan kemungkinan mungkin saja terjadi, seperti pergerakan sideways lebih condong ke tidak teratur hingga volatilitas yang tidak biasa.

XAUUSD Weekly

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga kini sedang dalam fase ranging.

XAUUSD H1

Pergerakan ranging teratur ini sebenarnya bisa diprediksi dan diamati. Perhatikan selama dua hari perdagangan kemarin, logam kuning ini selalu bergerak dalam range batasan yang valid (box biru dan coklat). Logam kuning ini seakan enggan menembus level support 1282.83, namun juga tidak mampu bergerak lebih melewati resisten 1294.93.

Kondisi netral ini tak urung disebabkan karena sifat logam mulia emas yang sangat sensitif bila mendekati level support/resistant kunci. Ditambah lagi dengan perilaku investor dan para pelaku pasar yang kini mengalihkan perhatian dan pengamatan mereka ke pertemuan Jackson Hole. Para investor dan pelaku pasar lebih memilih tidak melakukan aksi apapun menjelang pertemuan tersebut. Oleh karena itu, untuk saat ini belum ada acuan trade apapun yang dapat digunakan sehingga biasnya untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun, masih ada beberapa peluang untuk short-term yang dapat anda lakukan tentu dengan resiko yang sudah anda ketahui dan pahami sebelumnya.

Beberapa skenario dan acuan yang dapat digunakan sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan zona sideways pada box biru dan coklat. Jika diperhatikan harga selalu bertolak dari batas bawah box biru (support) dan batas atas box coklat (resisten). Anda dapat memafaatkannya dengan meletakkan limit order pada 1282.83 dan 1294.93 dengan target untuk keduanya adalah 1287.99. Stop dapat diletakkann dengan selisih beberapa poin dari harga entry. Namun, ini hanya berlaku pada market ranging!
    Sehingga, selalu perhatikan pergerakan harga; jika terjadi perubahan harga yang ekstrim sehingga menggagalkan skenario ini maka jangan ragu untuk menutup posisi!
  2. Jika telah terjadi perubahan harga yang tajam sehingga break dan harga keluar dari zona area biru dan cokelat, maka di sinilah peluang entry yang dapat digunakan. Entry BUY hanya jika level 1294.93 tertembus dan terkonfirmasi. Menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga harga bergerak stabil diatasnya akan membawa logam ini kembali menguji resistant kunci 1300. Sedangkan Posisi SELL yang aman hanya berada di bawah 1282.83. Jika terkonfirmasi validitasnya sehingga membuat pair ini selalu bergerak di bawah level tersebut maka target selanjutnya berada di 1276.68. Stop level diletakkan beberapa poin di bawah swing low terdekat untuk Buy dan beberapa poin di atas swing high terdekat untuk Sell.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!
R3 : 1309.13
R2 : 1300
R1 : 1294.93
Pivot : 1287.99
S1 : 1282.83
S2 : 1276.68
S3 : 1269.6

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.