Investor Beralih Ke Aset Saham, Emas Mulai Ditinggalkan

Seolah seperti masih belum merelakan untuk membiarkan logam ini jatuh, Bull XAU/USD mengangkat kembali harga ke kisaran 1330 dan membuat perdagangan menjadi ranging.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Emas berjangka mulai ditinggalkan para investor seiring dengan melemahnya logam ini pada perdagangan sesi Asia dan Eropa, Selasa kemarin. Logam ini menyentuh harga terendah dalam sepekan karena para investor dan pelaku pasar mulai melirik aset berharga lainnya seperti kenaikan pasar saham, dan tidak memperdulikan aset haven.

Indeks S&P500 menguat pada hari Selasa kemarin membuatnya berada pada level tertinggi untuk minggu ini. Sedangkan harga emas melemah pada hari Selasa menyusul penutupan pada hari Jumat di level tertinggi sejak 6 September 2016, untuk kontrak yang paling aktif, menurut FactSet.

Logam tersebut naik 1.6% pada minggu lalu, terutama didorong oleh kekhawatiran bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan untuk melakukan uji coba rudal lainnya pada akhir pekan untuk menandai Hari Pendirian Negara tersebut. Namun, akhir pekan berlalu tanpa ujian. Dan sanksi baru terhadap Korea Utara yang disepakati oleh Dewan Keamanan PBB pada hari Senin tidak semaksimal yang diminta oleh AS pada awalnya.

XAUUSD Daily 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Setelah sempat mempenetrasi level untuk membuka fase korektif pada 1330.20 dan sempat berada pada level terendah minggu ini, nampaknya Bull emas masih sedikit terjaga.

XAUUSD H1

Seolah seperti masih belum merelakan untuk membiarkan logam ini jatuh, Bull XAU/USD mengangkat kembali harga ke kisaran 1330 dan membuat perdagangan menjadi ranging. Pergerakan ranging ini selalu terjadi jika pair XAU/USD berhadapan dengan level penting.

Sudah menjadi hal yang lazim jika terjadi perlawan yang serius baik dari masing-masing kubu. Sehingga sebelum ada yang dapat memenangkan perlawanan ini, maka pergerakan logam ini akan tetap berada di zona sideways. Harga saat ini pada level kisaran 1330 sepertinya akan kembali menguji untuk mempenetrasi level tersebut. Sehingga tak heran jika akan terjadi banyak perlawanan yang menyebabkan pergerakan tak teratur di sekitar area 1330 tersebut. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama untuk hari ini adalah Sell. Karena pada dasarnya logam ini akan menguji level support 1330.20 untuk melanjutkan fase korektifnya. Namun, dikarenakan akan banyak perlawanan yang terjadi di sekitar area tersebut sehingga banyak menyebabkan noise, maka level entry yang disarankan adalah di sekitar 1326.02. Maka perhatikan level 1326.02 tersebut! Jika mampu dilewati dan terkonfirmasi dengan pasti, maka entry Sell dapat dibuka dengan aman. Jika benar-benar valid, maka sejatinya logam ini akan terkoreksi kembali hingga 1321.71 atau bahkan hingga 1315.91. Stop level dapat diletakkan beberapa poin di atas swing high terdekat.
  2. Namun waspadai jika ada potensi logam ini menguat kembali hingga level 1334.10. Jika level ini mampu tertembus dan terkonfirmasi maka peluang Buy dapat diambil. Pasalnya, emas akan merangkak naik tipis jika mampu menembus level ini dengan valid dan terkonfirmasi. Level selanjutnya yang akan dicapai dalam jarak dekat ada pada 1339.37. Stop loss dapat diletakkan beberapa poin di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1345.75
R2 : 1339.37
R1 : 1334.10
Pivot : 1330.20
S1 : 1326.02
S2 : 1321.71
S3 : 1315.91

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Hadi
Bull XAU/USD mengangkat kembali harga emas bukannya seolah masih belum merelakan untuk membiarkan logam ini jatuh, tapi memang sengaja membiarkannya jatuh, sama halnya saat mengangkatnya. Setelah puluhan jam emas dibanting bearish, malam tadi saya mengamati setiap menit pergerakan bull emas usai terhempas di 1325.30 (12 September, 19:28). Dengan gagahnya emas merangkak berdiri, naik, bahkan meloncat puluhan pips, mendominasi, hingga pukul 23:58 dalam satu bar M1 bergerak dari 1332.00 ke 1334 di detik terakhir. Namun apa, setelah fase rehat penonton dibuat kecewa dengan melorotnya emas dan kembali turun. Padahal setelah market tutup tepat pukul 00.00 tidak ada aktivitas trading emas secara bersamaan. Tapi kok penonton seperti melihat ada adegan film yang disensor. Sama halnya saat saya mengamati adegan saat emas akan pertama kalinya, dalam tahun ini mencapai 1300. Setelah mulus mencapai titik tersebut, emas mundur dengan teratur seakan langkahnya terlanjur prematur. Berhati-hatilah menjadi permainan raksasa, Sobat.
Haris
Ketika emas turun sebaiknya kita beli pair USD/CAD dengan leverage 1:100 dengan lot yang tinggi, ini adalah sebuah moment yang bagus