Outlook Teknikal Emas: Kontinuitas Bearish Masih Berlanjut

Untuk saat ini, secara garis besar pasar logam mulia lebih condong pada sentimen bearish, baik secara teknikal maupun keadaan global.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali turun di bawah level 1290 pada perdagangan kemarin, sehingga melanjutkan penurunan mingguannya. Emas berjangka jatuh pada Selasa pagi, turun dari tingkat psikologis signifikan pada 1300 dan bersiap untuk penurunan satu hari terbesar dalam waktu sekitar tiga minggu terakhir, karena penguatan dollar dan kenaikan inflasi di Inggris.

Harga emas juga mengalami penurunan dengan persentase terkuat satu hari dalam hampir empat minggu, karena kenaikan inflasi di Inggris memberi tekanan terhadap komoditas tersebut. Kenaikan inflasi dapat memberi keyakinan bagi para bankir sentral di seluruh dunia bahwa pertumbuhan upah dan harga yang lesu bisa kembali ke tingkat yang dianggap lebih sehat setelahnya, sehingga dapat mendorong untuk dinaikkannya suku bunga, yang mana ini bearish untuk pasar emas.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1286. Pergerakan yang dihasilkan kemarin ternyata membuat harga logam mulia ini kembali jatuh hingga ke level 1281.

XAUUSD H1

Untuk saat ini, secara garis besar pasar logam mulia lebih condong pada sentimen bearish, baik secara teknikal maupun keadaan global. Harga sedang berkonsolidasi kembali pasca menyentuh level support 1281.15. Terlihat pada indikator teknikal OsMA yang menunjukkan sinyal beli, walaupun indikator RSI dan Bollinger Band masih menunjukkan sentimen jual yang valid. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade untuk hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1286 yang sedang berkonsolidasi. Peluang Sell berikutnya dapat dicoba pada sekitar level Support 1281.15. Sehingga untuk eksekusi Sell, sebaiknya tunggu harga benar-benar sudah di bawah level 1281.15 dan terkonfirmasi. Tunggu level tersebut terbuka terlebih dahulu agar terhindar dari market sideways/ranging yang cenderung menghasilkan false signal. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah level tersebut dilalui dengan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action yang ada. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya XAU/USD akan menguji level selanjutnya pada 1274.72. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Perhatikan juga level Resisten pada 1288. Jika ternyata terdapat dorongan hingga ke atas level tersebut, maka ada indikasi bahwa logam ini akan menguji kembali level 1294.87. Jika terlihat upaya dari buyer untuk mendekati atau bahkan menembus level 1288 ini, maka ada indikasi bahwa harga kembali rebound tipis. Jika buyer mampu mendorong kembali sehingga level ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga membuat logam ini rebound, maka posisi Buy dapat dibuka. Dengan kata lain, posisi Buy hanya dapat dibuka pasca mendapat konfirmasi breakout level 1288. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1294.87.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1308.43
R2 : 1300
R1 : 1294.87
Pivot : 1288
S1 : 1281.15
S2 : 1274.72
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Hermanto
Wah, mantap pak analisanya. Dua trade hit TP sekaligus. Sungguh analisa yang simple dan profitable.