OctaFx

iklan

Episode 33: Divergen Bullish Tersembunyi Pada EURJPY

Kemarin, saya memeriksa pair EURJPY. Trend yang tengah berlangsung merupakan arus uptrend yang kuat. Oleh karena itu, saya mencari titik entry yang tepat untuk melakukan "buy" pada pair ini. Ketika saya menengok chart H4, saya menemukan divergen bullish tersembunyi disana. Sebagaimana kita ketahui, divergen tersembunyi termasuk sinyal yang menandakan keberlanjutan suatu sinyal.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Selasa, 25 November 2014
Divergen Bullish Tersembunyi pada Chart 4H EURJPY
 
Hello my friends!

Kemarin, saya memeriksa pair EURJPY. Pair ini telah bergerak keatas dalam beberapa pekan terakhir. Trend yang tengah berlangsung merupakan arus uptrend yang kuat. Oleh karena itu, saya mencari titik entry yang tepat untuk melakukan "buy" pada pair ini. Ketika saya menengok chart H4, saya menemukan divergen bullish tersembunyi disana. Sebagaimana kita ketahui, divergen tersembunyi termasuk sinyal yang menandakan keberlanjutan suatu sinyal.

Mari lihat chart berikut ini :
 
EURJPY H4
Sebagaimana bisa Anda lihat diatas, EURJPY mengalami uptrend yang cukup kuat. Jika Anda melihat stochatsic dan membandingkannya dengan harga, maka akan terlihat divergen bullish tersembunyi disana.

Saya ingin menemukan titik entry yang tepat, maka saya menengok timeframe yang lebih rendah, yaitu di chart hourly:

EURJPY H1
Grafik diatas diambil di saat yang bersamaan dengan ketika saya mengambil gambar chart 4H sebelumnya. Jadi keduanya berlangsung di waktu yang sama. Anda bisa lihat bahwa harga menyentuh garis EMA200. Saya mengharapkan harga untuk memantul keatas, maka saya membuka posisi "buy". Setelah itu saya memposisikan SL dekat garis 200EMA, dan target profit dekat level tinggi terakhir.

Modal yang tersisa dari 20 November 2014: $AUD 133.83 .

Trading #51

Tanggal/waktu trading: Senin, 24 November 2014
Pair yang digunakan: EURJPY
SL dan TP: 75 pip dan 100 pip
Lot yang digunakan: 0.1
Patokan risiko: 6%
Posisi: Buy
Hasil trading: Saya menutup posisi trading ini pada +52pips (+ $AUD 5.2)

Trading Result

Analisa trading: saya menutup posisi trading ini tadi malam dan mendapat +50pip. Namun ketika saya mengambil gambar grafik diatas, ternyata harga telah bergerak naik jauh lebih tinggi. Saya bisa mendapatkan profit yang lebih besar seandainya saya tidak menutup posisi ini tadi malam.

Garis 200EMA adalah leve; support/resisten yang cukup kuat, sehingga perhatikan baik-baik bila harga bergerak mendekati garis itu. Posisi trading kali ini adalah trend following yang biasanya butuh waktu untuk mencapai profit; kita mungkin harus membiarkan posisi terbuka selama beberapa hari jika itu dibukan berdasarkan strategi trend following. Yang ingin saya tekankan disini adalah agar Anda selalu memperhatikan divergen normal dan divergen tersembunyi.

Saya mendapatkan $AUD 5.2 dari posisi trading ini. Modal yang tersisa pada 25 November 2014: $AUD 139.03 .

See you in another trade!
Rico FY

www.daytradingboss.com

Rico FY mengidolakan Yeo Keong Hee dan aktif sebagai full-time trader sejak tahun 2012, meskipun memiliki latar belakang pendidikan sama sekali berbeda. Strategi trading forex utama yang digunakan adalah Divergence.