Advertisement

iklan

Cara Mengukur Waktu Harga

iklan

iklan

Lainnya

2019

Biasanya dalam analisa teknikal, mensyaratkan harga harus mencapai titik/level tertentu sekian persen dari waktu. Pertanyaannya, bagaimanakah cara mengukurnya???


 


Mohon penjelasannya.

2019

@ Amir:

Saya belum pernah tahu ketentuan tersebut. Setahu saya perhitungan pada indikator teknikal berdasarkan harga candle dari terakhir, dan berlaku untuk semua time frame.
Bisa harga penutupan dari candle terakhir (Close), harga pembukaan (Open), harga tertinggi (High), harga terendah (Low), harga median ((High + Low) / 2), harga typical ((High + Low + Close) / 3), dsb.

Kalau harga harus mencapai level pada sekian persen dari waktu, maksudnya waktu yang mana?

2019
Maksud saya tentang penggunaan konsep hukum aksi reaksi (median line) pd harga? Dimana di katakan bhw harga hrs mencapai median line 80% dr waktu.
2019

Untuk Amir,

Mohon maaf sebelumya, bahwasanya saya juga belum pernah mendengar tentang teori tersebut. Akan tetapi, jika ada rekan trader lain atau pembaca lainnya disini yang mengetahui tentang teori tersebut, kami mempersilahkan untuk mendiskusikannya disini.

2019
Saya tidak suka indikator. Dengan metode aksi reaksi ini saya hanya perlu menghitung ayunan yg terbentuk, tp kita hrs membedakan  jg ayunan antara ayunan besar dan kecil seperti penerapan pd eliot wave atau di kenal dg fractal. Metode ini sangat unggul, krn sblm hrga terbentuk kita sudah bisa menduga pergerakannya. Tp kita tetap hrs mencari posisi yg tepat utk entri. Kadang analisa saya benar, tp SL msh jg tersentuh sblm bergerak sperti yg saya perkirakan sblumnya. Utk itulah saya masih membutuhkan informasi terakhir ttg waktu.
2019

Untuk Amir,

Semua indikator teknikal memang sifatnya lambat (lagging) karena pembacaan indikator hanya akan terbentuk setelah harga bergerak terlebih dahulu. Sehingga, tak jarang para trader yang ingin mengantisipasi hal tersebut lebih sering menggunakan pendekatan price action dalam menganalisa pasar ketimbang mengandalkan pembacaan dari indikator teknikal. Sama halnya dengan konsep teori yang Anda sebutkan di atas.

Kemungkinan besar teori tersebut termasuk ke dalam salah satu pendekatan price action. Hanya saja, sejujurnya memang saya belum pernah mendengar tentang teori tersebut. 

2019

Metode ini di sebut aksi reaksi, di kembangkan oleh roger babson, lalu di lanjutkan oleh temannya alan andrew. Dlm mt4, tool y d sebut pitchfork. Teman roger babson yg bernama marcheal, membuat grafik yg sangat terkenal yg kemudian d sebut grafik marcheal. Dlm grafik tersebut d perlihatkan bagaimana marcheal meramalkan harga dengan sangat akurat menggunakan metode aksi reaksi ini. Sayangnya, bagaimana ia melakukannya tidak di ketahui krn ia meninggal sebelum ramalannya terbukti.

Master tdk ada yg tau gmn caranya?

2019

@ Amir:

Maaf, mengenai teori tersebut, saya belum tahu. Mungkin ada pembaca yang tahu silahkan sharing di sini.

By the way, apakah itu seperti aksi reaksi pada teori fisika?
Dalam teori fisika, menurut hukum Newton, jika benda A memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B  akan memberi gaya sebesar -F kepada benda A.  F dan -F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga dikenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan -F adalah reaksinya.

Apakah jika F itu pergerakan bullish, maka -F adalah pergerakan bearish?
Kalau F dan -F sama (dalam hukum Newton), maka besarnya pip ketika bullish akan sama dengan besarnya pip saat bearish. Tetapi pada kenyataannya, kalau pasar sedang trending misalnya bullish, maka pergerakan bearish hanyalah koreksi (sesuai dengan teori Fibonacci), dan besarnya pip tidak akan sama dengan ketika bullish (lebih kecil).

30 Sep 2022
Mengapa ada trader yang menggunakan timeframe bear seperti 1 minggu atau bahkan 1 bulan? Fungsinya untuk apa?
02 Okt 2022

@ Simon:

Setahu saya trader yang mengamati time frame weekly dan monthly adalah untuk melihat arah trend jangka panjang. Mereka adalah trader jangka menengah panjang. Semakin tinggi time frame pengamatan, maka akan semakin valid arah trend. Meski demikian, untuk entry mereka menggunakan time frame daily atau time frame H4 (4 jam).

Untuk penjelasan cara atau strategi trading yang berkaitan dengan hal ini, silahkan baca:
Sistem Trading Triple Screen

Setahu saya sangat jarang trader yang entry berdasarkan time frame weekly atau bahkan monthly, kecuali mungkin mereka yang ingin berinvestasi jangka panjang (bukan trading).

 

Kategori Lainnya

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
trading forex halal atau haram? Mei Setyo Kurniawan 9 12847 2018
Jenis-jenis trading derivatif apa saja? The Botak 9 1348 2020
Broker yang digunakan Pak Martin? Riduan S 8 2744 2018
Bagaimana kondisi trading kripto di Indonesia? Sulastri 8 135 19 Agu 2022
Indikator Pivot Point M4? Alex 8 50 4 minggu
Cara Merubah File MQ4 ke EX4? Irwan 7 6071 2019