Data High Impact Low Impact Di Fundamental

Analisa Fundamental

Xm

iklan

Advertisement

iklan

24 Mar 2017
pagi pak...
saya mau konsultasi,
untuk berita yang di rillis, terkadang langsung ada efeknya, terkadang efeknya setelah 10-15 menit kemudian baik low impact, medium impact ataupun high impact dan saya sering terjebak dan kehilang kesempatan..,
pertanyaan saya :
1. apa yang sebaiknya saya lakukan agar saya tidak melakukan kesalahan tersebut berulang kali?
2. dalam analisa fudamental yang anda sajikan, anda bisa menjustifikasi bahwa mata uang tersebut menguat atau melemah, itu berdasarkan apa? apa saya juga bisa untuk menganalisa seperti yang anda lakukan? terus bagaimana caranya?
terima kasih sebelumnya..
29 Mar 2017

@ Bagus:

- untuk berita yang di rillis, terkadang langsung ada efeknya, terkadang efeknya setelah 10-15 menit kemudian….

Jawaban
: untuk rilis data yang high impact (berdampak tinggi) biasanya langsung ada efeknya kecuali pidato atau konperensi pers pejabat bank sentral, karena pelaku pasar akan mencerna dulu isinya sebelum memutuskan untuk masuk.
Kami selalu menyarankan agar masuk beberapa saat (sekitar 30 menit) setelah rilis data untuk mengetahui arah sentimen pasar karena tidak serta merta data yang bagus akan menyebabkan mata uang negara tersebut menguat. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sentimen pasar termasuk isu politik baik domestik maupun global.

- …. baik low impact, medium impact ataupun high impact dan saya sering terjebak dan kehilang kesempatan..,

Jawaban
:
Perlu Anda ketahui:
- Pada keadaan pasar normal, maksudnya jumlah rilis data yang low, medium dan high impact berimbang, maka data yang low impact akan tidak ada efeknya, yang medium impact bisa ada efeknya bisa tidak, kalaupun ada tidak begitu tinggi, sedang data yang high impact akan tinggi efeknya.

- Kalau pasar lagi sepi berita (jumlah data yang dirilis sangat minim), maka data yang low impact akan ada efeknya, dan data yang medium impact akan bisa berdampak tinggi.
- Kalau lagi ramai sekali (jumlah data yang dirilis sangat banyak), maka data yang low impact tidak akan diperhatikan, data yang medium impact bisa tidak ada efeknya, dan data yang high impact bisa hanya berdampak sedang (terbatas) atau bahkan tidak berdampak jika dirilis bersamaan dengan data high impact lainnya.

1. apa yang sebaiknya saya lakukan agar saya tidak melakukan kesalahan tersebut berulang kali?

Jawaban
:
a). Perhatikan hasil actual versus forecast dan previous-nya.
Misal data Non Farm Payrolls (NFP) AS. Data previous 200,000 job, forecast 150,000 job:
- Jika hasil rilisnya (data actual) diatas data previous dan forecast (misal 250,000 job) maka kemungkinan besar USD akan menguat.
- Jika hasil rilisnya (data actual) dibawah data previous dan forecast (misal 100,000 job) maka kemungkinan besar USD akan melemah.
- Jika hasil rilisnya (data actual) diantara data previous dan forecast (misal 175,000 job) maka unpredictable, USD bisa menguat bisa melemah. Dalam hal ini sebaiknya tunggu arah sentimen pasar sebelum entry.

b). Perhatikan revisi data. Revisi data yang telah dirilis sebelumnya akan mempunyai dampak pada pergerakan harga saat ini, tetapi biasanya dampaknya tidak sebesar hasil rilis data actual. Jika data sebelumnya direvisi menjadi lebih baik maka akan berdampak positif pada mata uang negara tersebut, dan sebaliknya. Seperti data NFP AS bulan Nopember 2016 yang direvisi naik dari 178,000 ke 204,000 (direvisi menjadi lebih baik), maka akan berdampak positif pada USD.

2. dalam analisa fudamental yang anda sajikan, anda bisa menjustifikasi bahwa mata uang tersebut menguat atau melemah, itu berdasarkan apa?

Jawaban
:
Itu pengetahuan dasar supaya bisa trading Pak, yaitu pengetahuan mengenai dasar-dasar fundamental.
Untuk bisa trading dengan benar dan terarah, Anda harus memahami pengetahuan dasar-dasar fundamental, dasar-dasar teknikal dan dasar-dasar sentimen pasar.
Kami sarankan Anda baca kumpulan artikel kami mengenai pengetahuan dasar-dasar fundamental disini.

Intinya, kalau perubahan besaran suatu data fundamental menyebabkan perekonomian suatu negara akan lebih baik, maka mata uang negara tersebut akan menguat, dan jika sebaliknya akan menyebabkan mata uang negara tersebut melemah.
Contoh: GDP yang naik tentu menunjukkan perekonomian yang membaik sehingga mata uang akan cenderung menguat, sebaliknya tingkat pengangguran yang naik akan berdampak negatif pada perekonomian sehingga mata uang akan melemah.

-…. apa saya juga bisa untuk menganalisa seperti yang anda lakukan? terus bagaimana caranya?

Jawaban
:
Kalau Anda ingin trading dengan benar harus bisa Pak. Tanpa analisa fundamental Anda tidak bisa memprediksi arah pergerakan harga terutama untuk jangka menengah panjang. Caranya Anda pelajari arti indikator-indikator fundamental dan efeknya terhadap pergerakan mata uang seperti yang ada di kumpulan artikel kami mengenai pengetahuan dasar-dasar fundamental yang kami sebutkan diatas.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2552 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2683 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 744 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2065 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1825 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 746 17 Apr 2018