Advertisement

iklan

Emas Menguat Tipis Karena Kondisi Politik Eropa

280673

Harga emas akhirnya menguat tipis pada perdagangan Kamis kemarin dan memangkas sedikit kerugian, namun masih berada pada jalur merah mingguan.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Harga emas akhirnya menguat tipis pada perdagangan Kamis kemarin dan memangkas sedikit kerugian, namun masih berada pada jalur merah mingguan. Harga logam mulia ini kembali menguat setelah sebelumnya tertahan pada zona ranging, dan kini berada pada level 1290 kembali pasca penurunan 3-harinya yang dipicu oleh reli pada harga ekuitas.

Selain itu, kondisi politik di Eropa juga turut mempengaruhi harga logam kuning ini. Emas berjangka memangkas penurunan selama tiga sesi pada hari Kamis karena drama politik di zona Eropa mengguncang kepercayaan investor dan Dolar AS. Ekuitas mengalami penurunan, mengangkat permintaan investasi untuk aset safe haven. Sementara itu, Spanyol akan bergerak maju dengan proses penangguhan kekuasaan pemerintah Catalan, setelah Presiden Regional Carles Puigdemont menolak untuk membatalkan klaim kemerdekaan kawasan tersebut.

Kilau logam kuning emas ini telah memudar selama tiga hari berturut-turut hingga pada hari Rabu kemarin karena Dow Jones Industrial Average ditutup di atas level 23.000 untuk pertama kalinya. Ketiga indeks saham acuan AS menandai titik tertinggi sepanjang masa pada hari Rabu. Namun, sebuah pelemahan sederhana pada hari Kamis untuk indeks acuan tersebut, membantu menarik investor ke kembali komoditi emas.

XAUUSD Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1289. Pergerakan yang dihasilkan kemarin ternyata membuat harga logam mulia ini kembali menguat hingga ke level 1288.

XAUUSD H1

Hingga saat ini, harga sedang berada di dekat level 1288. Kemungkinan untuk logam kuning ini menguji kembali level tersebut masih ada, mengingat karakteristik pair XAU/USD ini yang akan selalu retest level kembali jika penetrasi yang telah dilakukan tidaklah terlalu signifikan, baik dari segi teknikal maupun price action.

Indikator teknikal memberikan sentiment beli hingga saat ini, namun harga masih tertahan di level area (red zone) sehingga masih ada kemungkinan untuk retest kembali level tersebut. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade untuk hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1289 yang sedang berkonsolidasi dekat dengan level support 1288. Peluang Sell berikutnya dapat dicoba pada sekitar level support tersebut. Sehingga untuk eksekusi Sell, sebaiknya tunggu harga telah berada dibawah level 1288 dan terkonfirmasi. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah level tersebut dilalui, dengan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action yang ada. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya XAU/USD akan menguji level selanjutnya pada 1283.24 atau bahkan 1277.88. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Perhatikan juga level resisten pada 1294.87. Jika ternyata terdapat dorongan hingga ke atas level tersebut, maka ada indikasi bahwa logam ini akan kembali melanjutkan penguatan. Jika buyer mampu mendorong kembali sehingga level ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga membuat logam ini naik, maka posisi Buy dapat dibuka. Dengan kata lain, posisi Buy bisa dibuka pasca mendapat konfirmasi breakout level 1294.87. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit pendek dapat diletakkan pada level 1300.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1294.87
R1 : 1288
Pivot : 1283.24
S1 : 1277.88
S2 : 1274.72
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Hendri Opod
mohon informasi analis dari pak erik, lebih cepat pagi sudah di muat, krna sangat baik untuk diikuti oleh para trading pemula. TK.dan boleh ka saya mndpt no kontak dgn beliau untuk pmbelajaran selanjutnya?....
Erik Tri Cahyo
Untuk Hendi Opod,
Terima kasih atas antusias dan saran dari bapak. Untuk kedepannya, saran anda akan diupayakan secepatnya. Sedangkan untuk diskusi, bisa menggunakan thread Tanya Jawab di sini. Silahkan menghubungi saya di link tsb pak (dan juga untuk semua pembaca) jika ada pertanyaan ataupun hanya sekedar berbagi informasi.
Semoga bisa membantu, Terima kasih.