Emas Naik Sedikit Pasca Data ADP Dan Pernyataan FOMC

280858

Bias Emas Harian Dan Per Jam Masih Netral Diakibatkan Para Investor Sedang Menunggu Petunjuk Selanjutnya Untuk Kebijakan Moneter AS

Xm

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam kuning emas ini menunjukkan pergerakan yang stagnan pada sesi perdagangan Asia kemarin hingga akhirnya ditutup menguat dengan mencatatkan sedikit keuntungan dari sebelumnya. Pasar emas kembali menunjukkan sedikit respon pasca dirilisnya data payroll swasta ADP yang sedikit melambat dari bulan sebelumnya.

Pada hari Rabu kemarin, ADP mengatakan bahwa 235.000 pekerjaan tercipta pada bulan Oktober. Laporan tersebut mengejutkan seiring prediksi konsensus melihat hanya kenaikan sekitar 200.000 pekerjaan. Ini merupakan laporan terkuat sejak Maret.

Data bulan September direvisi lebih rendah dengan hanya 110.000 pekerjaan yang tercipta selama satu bulan, turun dari laporan asli 135.000 pekerjaan.

Sementara itu, emas berjangka kembali mendapatkan nilai tambah pasca diumumkannya pernyataan The Fed tentang kebijakan ekonomi mereka.

Bank sentral negara adidaya tersebut sedang menahan suku bunganya namun masih membuka kemungkinan untuk dinaikkan pada bulan Desember mendatang. Emas berjangka naik $6.80, atau 0.5%, untuk berakhir di $1277.30 per ons, menandai kenaikan ketiga dalam empat sesi. Dalam perdagangan elektronik setelah pernyataan The Fed tersebut, harga emas bahkan diperdagangkan di $1279.00 per ounce.

Sementara dari sisi teknikal sendiri, seperti yang tampak pada grafik harian berikut, terlihat bahwa logam ini masih tertahan oleh resisten trendline sehingga dengan demikian pergerakan bull emas ini masih sangat terbatas. Tampak berulang kali bull logam ini ingin mengangkat harga lebih tinggi namun gagal pada area resisten trendline tersebut (green oval area). Tren bearish masih ada untuk saat ini walaupun ada sedikit kecenderungan untuk bullish pada pair XAU/USD ini sehingga menjadikan bias jangka panjang masih NETRAL.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea1276. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam kuning ini menguat tipis hingga level 1280.

XAUUSD H1

Hingga saat ini, harga kembali berkonsolidasi dikisaran harga 1274 hingga 1279. Setelah semalam mendapatkan keuntungan tipis pasca statement suku bunga FOMC, logam kuning ini harga sedang berada disekitar area resisten 1277.88. Logam ini menguji kembali level resisten trendline pada grafik daily sehingga menyebabkan pergerakan bullish menjadi dibatasi.

Indikator teknikal pada grafik H1 memberikan pembacaan sinyal yang bervariasi, sehingga belum dapat dipastikan arahan berikutnya yang jelas. Disamping itu, pada time frame besar seperti daily, emas juga sedang berusaha menemukan jalannya agar dapat bergerak bebas kembali. Konsolidasi pasar ini juga disebabkan karena kini para investor juga sedang mengamati data-data AS saat ini dan juga mendatang. Oleh karena itu sebelum adanya pergerakan dan sinyal yang valid maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, ulasannya sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1276. Skenario utama yang dapat dicoba kali ini masih mencoba peluang Sell. Pada saat analisa ini ditulis, tampak bahwasannya emas sedang berkonsolidasi di sekitar resisten area 1277.88 hingga 1279.09 (pink area). Level inilah yang akan dijadikan acuan entry kali ini. Seperti yang tampak pada grafik H1 diatas, harga sempat menguji level tersebut namun gagal dalam upayanya sehingga terdapat rejection pada level tersebut.
    Jika harga kembali mendekati level 1277.88 atau 1279.09, maka cari peluang Sell disekitar area tersebut yang valid dan terkonfirmasi. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat menjadi alat bantu demi keberhasilan skenario ini. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry dan terkonfirmasi. Jika teknik bouncing ini valid maka sejatinya pair ini akan kembali menuju level 1274.39. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Namun waspadai jika level 1279.09 ini tertembus. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi maka pair ini akan melanjutkan pergerakan bullishnya. Level ini juga dapat digunakan sebagai acuan level entry Buy. Jika harga mampu menembus level tersebut (menembus trendline pada grafik Daily) dan terkonfirmasi, maka ada indikasi bahwa logam ini rebound kembali. Dengan kata lain, posisi BUY dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1279.09. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1283.24.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1288
R2 : 1283.24
R1 : 1279.09
Pivot : 1274.39
S1 : 1267.83
S2 : 1264.18
S3 : 1257.03

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.