Advertisement

iklan

Strategi Membeli dan Menjual Emas

115433

Jika benar-benar tertarik investasi emas, maka sebaiknya pelajari strategi investasi emas ini. Dengan mengetahui strategi investasi emas, Anda dapat mendapatkan keuntungan maksimal.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Bagi Anda yang baru memulai investasi emas tidak perlu khawatir, sebab membeli dan menjual emas itu sangat gampang. Perkara membeli emas adalah cukup sederhana karena kapan pun punya dana, Anda akan mampu membelinya.

Anda bisa menyiasatinya melalui uang gaji, uang akhir tahun, ataupun insentif (bonus) dari hasil kinerja Anda. Kalau Anda menunggu waktu untuk membeli karena berpikir harga emas masih tinggi, tidak ada salahnya untuk menunggu harga emas turun. Namun, ada baiknya jangan terlalu berpikir demikian. Sebab, alih-alih ingin harganya turun, nanti malah harganya makin membumbung tinggi.

Strategi Membeli dan Menjual Emas

 

1. Saat Terbaik Untuk Membeli Emas 

Ada pula orang yang menunggu membeli emas pada hari tertentu. Misalnya satu pengalaman menarik dari seorang teman yang selalu membeli emas setiap hari senin. Ia mengganggap bahwa biasanya hari senin harga emas akan lebih rendah dari hari-hari lainnya.

Ia beralasan dengan logika bahwa perdagangan internasional tidak pernah berhenti dari seluruh benua. Dimulai setiap hari Senin di negeri ufuk timur, seperti Slandia Baru dan Australia. Kemudian secara berurutan ke Asia, seperti Jepang, India, Cina, dan Indonesia.

Selanjutnya, ketika di Australia sudah mulai tutup, perdagangan di Eropa baru dimulai. Menjelang siang di Eropa, baru pada pukul 8 pagi waktu setempat, perdagangan dimulai di belahan benua Amerika. Sedangkan, ketika pasar di Amerika sudah mulai tutup, pasar di Australia sudah mulai buka lagi. Demikian seterusnya sepanjang hari selama satu pekan.

Oleh sebab itu, awal perdagangan dimulai hari Senin dan berawal dari Australia yang merupakan negara penghasil komoditi emas. Di sinilah berlaku supply and demand emas, dimana supply emas akan meningkat, sedangkan pasar yang besar baru akan dimulai pukul 08.00 WIB pada hari Senin.

Maka, hari Senin siang, praktis supply dari negara-negara penghasil komoditas jadi berlebih. Hal inilah yang akan menurunkan harganya. Namun, analisis tadi tidak mutlak benar karena terkadang harga terendahnya justru pada hari Jumat. Oleh karena itu, lebih baik tidak terpatok pada hari ketika akan membeli emas. Jika ada uang, belilah. Tak perlu menunggu. Sebab, harga emas dapat berubah-ubah setiap waktu.

 

Lalu, kapan saat yang tepat untuk melakukan penjualan emas Anda? Atau dengan kata lain, kapan saatnya menguangkan emas Anda? Ini pun jawabannya juga sangat mudah. Pertama, jual emas Anda pada saat Anda “benar-benar” membutuhkan uang tunai. Misalnya untuk biaya-biaya yang tidak terduga. Kedua, jual emas Anda saat target sudah terpenuhi. Baik atas dasar kenaikan harganya, atau sudah mendapatkan keuntungan yang cukup dari hasil investasi emas Anda. Ketiga, jual emas saat Anda butuh keperluan pendidikan anak Anda, perjalanan ibadah haji, atau pun membeli properti. Mudah bukan?

 

2. Fakta-Fakta Tentang Logam Mulia Emas 

Dan sebagaimana kita ketahui bahwa investasi emas murni adalah investasi yang relatif tahan terhadap gerusan inflasi dan harganya cenderung naik dari tahun ke tahun atau sekitar 20% per tahun. Akan tetapi akan lebih bernilai investasi anda bila dapat menempatkan investasi anda pada investasi-investasi produktif yang tepat dan aman.

Berikut adalah fakta-fakta tentang emas:

  1. Emas bagaimanapun bentuknya tetap bernilai tinggi.
  2. Diterima dari jaman ke jaman (dahulu sampai sekarang).
  3. Emas disebut di semua kitab suci, karenanya disebut sebagai uang Tuhan
  4. Nilai emas tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi local maupun global.
  5. Nilai emas tidak terpengaruh oleh inflasi
  6. Nilai emas tidak terpengaruh oleh keputusan pemerintah
  7. Berada diluar pengaruh sistem perbankan
  8. Semakin tinggi inflasi, semakin tinggi kenaikan harganya
  9. Mudah dijual dan dicairkan menjadi uang
  10. Diterima oleh semua orang di seluruh dunia
  11. Harga emas selalu naik dari tahun ke tahun
  12. Emas anti karat dan menjadi simbol kemuliaan dan derajat tinggi.
  13. Emas adalah uang dan uang belum tentu emas.
  14. Harga emas tidak pernah turun menjadi Nol rupiah
  15. Kenaikan harga emas akan sejalan dengan kenaikan harga minyak dunia.
  16. Emas disukai semua mahluk Tuhan
  17. Simbol kekayaan pribadi lembaga maupun negara.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.

20 Agustus 2019 02:05

1,495.66 ( 1.11%)

Support : 1,503.38
Pivot : 1,515.05
Resistance : 1,524.16

100% Buy 100% Buy 100% Buy

100% Buy
Selengkapnya