Gold Sideways: Tanda Pelemahan Atau Recharge Power Menuju New High?

279759

Harga kini berada di atas garis tengah Bollinger Band, dan Indikator RSI masih mendukung sentiment Bullish ini. Namun, muncul candle doji pada closing candle kemarin.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Pair XAU/USD ini masih tampak dikuasai oleh kubu buyer yang sangat kuat. Performa logam mulia ini tampak membaik selama bulan Juli kemarin. Tampak pada bulan Juli kemarin, logam mulia ini mampu mencatat High pada 1270.75. Terlihat pada grafik daily, tampak jelas selama 20 hari perdagangan terakhir transaksi di pasar XAU/USD ini sangat Bullish. Sentimen buy tampak mendominasi.

Dari segi teknikal, pair ini bergerak pada harga 1268. Harga kini berada di atas garis tengah Bollinger Band, dan Indikator RSI masih mendukung sentiment Bullish ini. Namun, tampaknya kemunculan candle doji pada closing candle kemarin beserta didukung oleh terpantulnya buyer pada garis atas Bollinger Band dan indikator OsMA menunjukkan pelemahan, agaknya akan menghambat performa buyer pada logam mulia ini.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Jika dilihat pada frame yang lebih kecil, di grafik 1 jam-an (H1) terlihat harga sedang sideways. Para investor nampaknya lebih mengantisipasi dan sedang menunggu data NFP AS Jumat mendatang. Dilihat dari segi teknikal, market logam mulia ini sedang Ranging. Harga terbentur batas atas di area 1270 dan batas bawah 1265 (box biru) secara berulang kali. Penyempitan indikator Bollinger Band juga disebabkan oleh market ranging ini. Indikator OsMA dan RSI juga belum memberikan signal yang jelas. Sehingga bias untuk market hari ini adalah NETRAL.

XAUUSD H1

Perhatikan harga saat ini berada pada 1267 tepat berada pada pivot harian. Sedangkan bias untuk hari ini adalah Netral (Ranging) dikarenakan belum adanya sinyal jelas dari indikator teknikal. Namun scenario dari Frame Daily jelas memberikan trend Bullish yang kuat, meskipun doji pada 1 Agustus kemarin menunjukkan akan adanya pelemahan atau bahkan pembalikan. Maka terdapat beberapa scenario yang dapat dilakukan untuk trade hari ini.

  1. Perhatikan area Ranging di harga 1265 hingga 1271 (box biru), harga kini sedang bergerak di dalam range tersebut. Jika anda trader yang ambisius dan sudah terbiasa dan mahir pada pola ranging, anda dapat memanfaatkan pergerakan teratur tersebut dengan membuka posisi Sell pada 1271 dengan target 1265 dan membuka posisi Buy pada 1265, dengan target 1271. Anda dapat melakukan posisi tersebut berulang-ulang dengan selisih stop 3 hingga 5 poin dari harga open posisi. Pahami dan ingat selalu resiko jika anda hendak ingin mengeksekusi trade berdasarkan cara ini!
  2. Atau anda juga bisa menjadikan area ranging tersebut sebagai key level Support dan Resistant sebelum eksekusi trade! Jika harga menembus batas atas (Resistant) dan ditutup diatas level tersebut dan juga indikator teknikal lain saling mengkonfirmasi, maka anda dapat membuka posisi Buy dengan aman dengan target 1276.57 hingga 1286.17.
    Namun, jika XAU/USD mendapat tekanan dari seller, maka pastikan tekanan seller cukup kuat hingga menembus batas bawah (Support) 1264.83 dan selanjutnya dikonfirmasi indikator teknikal lain sehingga harga bergerak dibawah level tersebut. Jika persyaratan tersebut terpenuhi, maka posisi Sell dapat dengan aman dibuka karena logam mulia ini akan terus terkoreksi hingga 1255.23 atau bahkan 1245.28. Stop level untuk setiap posisi dapat diletakkan beberapa point di atas swing high terdekat untuk Sell atau di bawah swing low terdekat untuk Buy.

R3 : 1295.77
R2 : 1286.17
R1 : 1276.57
Pivot : 1268.46
S1 : 1264.83
S2 : 1255.23
S3 : 1245.28 

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.