OctaFx

iklan

Level 1300, Peluang Reversal Untuk Seller Atau Continuation Untuk Buyer

Emas diambang Level 1300, peluang Buy maupun Sell memungkinkan untuk diambil pada area tersebut.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Harga emas berjangka kembali mencatatkan kenaikan sehingga mencetak rekor tertinggi baru pada sesi perdagangan kemarin. Emas memperpanjang kenaikan ke level tertingginya dalam empat minggu untuk ditutup hampir pada level $1300 per ons terkait pelemahan dolar setelah imbal hasil Treasury AS merosot. Ditambah lagi dengan didorong oleh harapan permintaan logam fisik yang kuat di tahun 2018 dari konsumen papan atas China, sehingga membuatnya terus bergerak lebih tinggi, diperdagangkan pada level tertingginya empat tahun.

Emas berjangka naik untuk sesi keenam berturut-turut pada hari Kamis, mendorong harga emas ini menyentuh level tertinggi dalam sekitar 10 minggu, karena Dolar AS saat ini juga memperpanjang penurunnya. Emas Februari, naik $5.80, atau 0.5%, untuk ditutup di level $1295.20 per ounce, membukukan penutupan tertingginya sejak 16 Oktober. Emas berjangka menuju kenaikan lebih dari 12% di tahun ini.

Logam kuning ini kini sedang berhadapan pada resisten kunci 1300, yang mana ini mungkin akan menjadi tantangan terbesar untuk bull pair ini. Pasalnya level tersebut sebagai pembuka pintu pergerakan emas selanjutnya atau bahkan sebagai titik reversal yang dapat digunakan para seller. Indikator teknikal RSI dan OsMa tampak segera akan memasuki area overbought yang tentu akan mempersulit pergerakan buyer untuk kedepannya.

Dari segi price action, selalu terjadi rejection dan reversal (red arrow) pada level area 1300 yang mengindikasikan bahwa level tersebut adalah level kuat. Kini emas kembali dihadapkan pada level area 1300. Jika melihat keadaan teknikal yang akan memasuki area overbought dan tertahan pada level kunci 1300 dan didukung dengan history price action yang menunjukkan sentimen jual pada area tersebut, akankah ini peluang reversal bagi seller? Kita lihat saja perkembangannya.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1294. Emas kembali menguat hingga area 1295 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Emas kembali menguat pada perdagangan kemarin sehingga memperpanjang rally-nya. Emas mencatatkan keuntungan secara beruntun dalam sepekan seiring dengan pelemahan dollar dan permintaan emas fisik di China untuk persiapan menjelang perayaan Imlek tahun depan.

Kini secara teknikal emas sedang berada pada level penting 1300, yang mana pada level ini akan memungkikan untuk reversal atau untuk melanjutkan rally-nya kembali. Melihat sentimen dan teknikal saat ini yang masih memungkinkan untuk bullish, maka peluang Long dapat diambil. Namun, jika mempertimbangkan level resisten kuat 1300 dan keadaan overbought, maka peluang Short juga memungkinkan untuk diambil. Dengan demikian, bias untuk trade kali ini adalah BULLISH. Namun skenario untuk acuan trade kali ini masih menunggu sinyal dan pergerakan lebih lanjut yang lebih jelas.

Adapun scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Buy berada pada level resisten kunci 1300. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat hingga 1308.42 atau bahkan 1314.54. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan level 1300 tersebut juga digunakan sebagai skenario alternatif Sell. Perhatikan pola pergerakan harga jika ternyata harga tertahan pada level area tersebut. Jika harga tertahan dan berkutat disekitar area 1300 tersebut, maka cari peluang Sell yang terkonfirmasi. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat mempermudah anda mencari entry poin. Sehingga peluang Sell dapat diambil pasca sinyal dari konfirmator bouncing tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika bounce level tersebut terkonfirmasi.
    Jika logam ini tertolak pada level 1300, maka logam ini melemah kembali hingga 1295.17 atau bahkan 1288. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat atau maksimal pada area 1308.42 dengan tetap mempertimbangkan risk:reward minimal 1:1.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1314.54
R2    : 1308.42
R1    : 1300
Pivot    : 1295.17
S1    : 1288
S2    : 1283.24
S3    : 1277.84

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Yanto
thx buat analisa nya, xau sekarang sudah tembus 1300, semoga bener TP nya 1308