Advertisement

iklan

Outlook Teknikal Emas: Sentimen Bearish Masih Menguasai

Dari kaleidoskop pada time frame Daily nampak sentimen bearish yang cukup kuat. Sehingga untuk saat ini aksi tekanan dari kubu seller Emas sangatlah kuat.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Pasar logam mulia mencatatkan sedikit kenaikan pada perdagangan hari Jumat kemarin, namun tetap, logam ini masih berada pada jalur merah. Ketegangan di semenanjung Korea masih menjadi topik pembicaraan yang dapat mengguncang bursa perdagangan logam kuning ini. Emas naik pada hari Jumat kemarin karena ketegangan yang menguat atas Korea Utara, namun emas masih dalam jalur untuk mencatat penurunan mingguan terburuknya sejak awal Juli.

Logam tersebut masih mencatatkan penurunan mingguan kedua berturut-turut setelah Federal Reserve pada hari Rabu mengulangi bahwa mereka memperkirakan akan memberikan kenaikan suku bunga selanjutnya pada akhir tahun.

Emas untuk pengiriman bulan Desember naik 2.70 poin atau 0.2 persen, ditutup pada level 1.297.50 per ons, sehari setelah membukukan penutupan terendahnya sejak 24 Agustus lalu dan tergelincir di bawah tingkat signifikansi psikologis sebesar 1,300 untuk pertama kalinya pada bulan September. Untuk minggu ini, emas turun lebih dari 2 persen, menurut data FactSet. Nilai SPDR Gold Exchange ETF naik 0.3%, namun merosot sebesar 2% untuk minggu ini. 

Dari sudut pandang teknikal sendiri, logam kuning ini telah terkonfirmasi untuk tetap berada dalam jalur koreksi dari uptrend-nya. Nampak dari garik harian berikut ini, bahwa logam ini stabil bergerak di bawah garis tengah Bollinger Band yang menunjukkan bahwa sentimen saat ini adalah Bearish. Sedangkan Indikator teknikal lain seperti RSI dan OsMA juga telah menunjukkan sentimen yang sama, yaitu Bearish.

Dengan demikian, kelesuan pasar logam kuning ini sudah dapat dikonfirmasi oleh indikator teknikal. Tampak dari chart daily bahwa logam ini bergerak diantara level psikologis 1300 dan support terdekat di 1289.44. Harga saat analisa ini ditulis, sedang berusaha untuk mempenetrasi level support tersebut. Dengan tembusnya level 1289.44 tersebut, maka pintu untuk pergerakan bearish selanjutnya akan semakin terbuka lebar.

XAUUSD Daily 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Tampak dari chart Hourly telah membentuk tren turun dengan terbentuknya lower low yang baru. Sempat dibuka pada level 1297, logam ini dengan cepat merosot hingga menguji level support 1289.44.

XAUUSD H1

Dari kaleidoskop pada time frame Daily nampak sentimen bearish yang cukup kuat. Sehingga untuk saat ini aksi tekanan dari kubu seller sangatlah kuat. Harga saat analisa ini ditulis berada pada 1292, setelah sebelumnya menguji level support pada 1289.44 namun gagal sehingga membentuk pin bar pada level tersebut.

Gagalnya menembus level tersebut dan terjadinya rejection sehingga membentuk Pinbar dapat dijadikan pertanda bahwa level tersebut memegang peranan penting, yaitu sebagai kunci pembuka pergerakan bearish selanjutnya. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dipakai untuk acuan trade hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah Sell. Dengan melihat pergerakan bearish yang cukup kuat untuk awal sesi Asia, maka peluang sell dapat dicoba untuk hari ini. Perhatikan harga saat ini dan level support 1289.44 yang akan dijadikan entry point kali ini. Terpantul dari level tersebut sehingga membentuk Pin bar mengindikasikan bahwa telah terjadi perlawanan di level area tersebut. Sehingga, dengan kata lain jika level tersebut dapat dilalui dan terkonfirmasi, maka peluang entry Sell dapat anda buka. Maka entry Sell dapat dilakukan setelah breakout level 1289.44 valid dan terkonfimasi. Level tersebut bekerja sebagai kunci pembuka peluang bearish selanjutnya. Pasalnya, jika level tersebut dilalui maka level selanjutnya yang dituju adalah 1281.30. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Namun waspadai juga jika ternyata logam ini terdorong naik. Bukan tidak mungkin jika setelah mengalami rejection pada level tertentu, dalam hal ini level 1289.44, maka logam ini akan re-bound kembali. Maka perhatikan level 1294.87 yang berfungsi sebagai konfirmator kali ini. Jika logam ini kembali merangkak naik dan melewati level ini dan terkonfirmasi oleh indikator teknikal yang ada, maka ada kemungkinan bahwa logam ini akan kembali menguji level psikologis 1300. Oleh karena itu, entry Buy hanya dapat dilakukan di atas level area 1294.87. Stop loss untuk posisi ini dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1308.42
R2 : 1304.40
R1 : 1300
Pivot : 1294.87
S1 : 1289.44
S2 : 1281.30
S3 : 1273.86

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Faizal
ini dia berita yg ditunggu2, terima kasih Pak Erik