Advertisement

iklan

Strategi Trading Emas Simpel Dengan Support Dan Resistance

Penulis

+ -

Strategi terbaik untuk trading emas simpel bisa dilakukan dengan support dan resistance, berdasarkan apa yang bekerja di pasar. Seperti apa caranya?

iklan

iklan

Sejak ribuan tahun yang lalu, emas sudah menjadi mata uang universal yang bernilai tinggi. Logam mulia emas saat ini dianggap sebagai aset safe haven disaat dunia global sedang bergejolak.

Di saat situasi global memburuk, para investor akan berlomba memburu emas untuk mengamankan nilai aset mereka. Hal inilah yang menjadi faktor utama naiknya harga emas pada krisis 2008 lalu dan pandemi 2020 lalu. Walaupun harga emas naik sepanjang waktu, namun bukan berarti Anda langsung bisa beli emas tanpa perhitungan. Anda tentu perlu melakukan analisis terlebih dahulu agar dapat meminimalisasi risiko.

trading emas simpel

Kami akan menyajikan strategi trading emas sederhana yang dapat membantu Anda menentukan kapan membeli dan menjual emas di market. Pendekatan ini menggunakan kombinasi fibonacci retracement dan seasonality.

Strategi terbaik untuk trading emas dan komoditas lainnya adalah dengan cara yang sama persis seperti smart money lakukan. Strategi emas sederhana ini berdasarkan apa yang bekerja di market.

Strategi ini akan memberikan sinyal kepada Anda kapan untuk mulai trading di hampir seluruh time frame. Anda bisa melihat time frame tinggi untuk investasi jangka panjang dan Anda bisa juga gunakan di time frame kecil untuk trading jangka pendek.

Jika Anda khawatir terhadap inflasi atau ekonomi secara keseluruhan, investasi di emas merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi kekayaan Anda. Meskipun demikian, jika Anda ingin menghasilkan uang mengikuti tren harga emas yang menunjukkan kapan harus masuk market, Anda bisa menggunakan strategi sederhana ini.

Di artikel ini, kami akan membahas secara detail dan berurutan mengenai bagaimana cara trading emas seperti yang dilakukan institusi keuangan besar. Tanpa lebih lama lagi, mari kita masuk ke pembahasan.

 

Rahasia Trading Emas

Sebelum kita masuk ke strategi tradingnya, terlebih dahulu kita akan membahas beberapa rahasia trading emas yang digunakan oleh para profesional trader untuk investasi di emas. Ada korelasi antara pergerakan harga emas dengan pola musiman emas. Ada waktu tertentu dalam setahun dimana emas akan menguat dan ada juga waktu dimana emas menjadi melemah.

Bukankah hal yang bagus jika Anda mengetahui lebih awal kapan harga emas mempunyai peluang tinggi untuk naik dan kapan mempunyai peluang tinggi untuk turun?

Fenomena alam mempunyai siklus menarik yang berulang setiap tahun. Contohnya, salju turun biasanya di musim dingin sementara sinar matahari di musim panas. Hal inilah yang dimaksud dengan musiman tersebut.

Berikut ini grafik yang menunjukkan pola musiman emas sejak 1973.

Rahasia Trading Emas 1

Harga emas, menurut siklus musiman, mempunyai kecenderungan untuk naik pada kuartal pertama. Harga emas juga naik pada kuartal terakhir dalam setahun. Bulan September menjadi bulan terbaik untuk trading emas khususnya pembelian (buy).

Kita harus menyadari bahwa siklus musiman ini hanyalah indikator umum. Siklus ini akan memberikan arah kecenderungan harga emas untuk menguat dan melemah pada waktu tertentu. Berikut ini contoh grafik yang menggunakan siklus musiman.

Rahasia Trading Emas
Siklus musiman emas menjadi penting karena menjadi salah satu indikator yang menunjukkan apa yang smart money lakukan. Ketika Anda mengetahui ini, artinya Anda bisa mengikuti apa yang smart money lakukan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai aturan strategi emas, mari kita lihat indikator apa yang kita gunakan untuk bisa menerapkan strategi ini dengan benar.

Indikator yang Anda perlukan adalah fibonacci retracement. Fibonacci retracement adalah indikator yang sangat populer dan sering digunakan oleh para trader dan investor. Fibonacci retracement disusun berdasarkan angka matematis kuncu yang ditemukan oleh Leonardo Fibonacci beberapa abad lalu. Angka matematis ini dapat menunjukkan kepada kita area penting support dan resisten di grafik.

Dengan angka matematis ini, area entry Anda menjadi lebih spesifik dan terukur. Hal ini sangat penting terutama untuk mengukur risiko sebelum masuk ke market. Sekarang mari kita lihat bagaimana cara trading emas secara efektif menggunakan rahasia trading emas ini.

 

Strategi Trading Emas Sederhana

Cara trading emas ditentukan oleh time frame yang Anda gunakan. Apakah Anda seorang day trader dan ingin menggunakan strategi ini untuk day trading?  Atau Anda ingin menggunakannya untuk trading swing?

Anda bisa menggunakannya strategi ini bahkan jika Anda ingin investasi (jangka panjang) di emas. Gunakan strategi trading ini untuk menentukan kapan masuk ke market, sesuai dengan gaya trading Anda. Strategi trading ini cukup sederhana agar Anda mudah melihat perubahan dari tren harga emas. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah melihat peluang sell dan buy di market.

Baca Juga: 9 Cara Jitu Trading XAU/USD

Pada artikel ini, kita hanya akan membahas sisi untuk waktu membeli emas.

 

Langkah 1: Beli Emas Di Bulan-Bulan Yang Memiliki Hasil Imbal Di Atas Rata-Rata

Langkah pertama adalah memastikan Anda membeli pada bulan dimana harga emas mempunyai kecenderungan untuk naik. Jangan membeli emas pada bulan-bulan yang mempunyai imbal hasil di bawah rata-rata.

Menurut pola musiman emas, bulan terbaik untuk membeli emas adalah Januari, Februari, Agustus, September, November, dan Desember. Persamaan penting yang dimiliki oleh bulan-bulan tersebut adalah bahwa harga emas memiliki kenaikan berada di atas rata-rata.

Baca Juga: Cara Menentukan Waktu Trading Emas Yang Tepat

Berikut ini grafik hasil imbal rata-rata bulanan emas sejak tahun 1973.

Cara Trading Emas
Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas, bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli dan Oktober adalah bulan yang di bawah rata-rata. Pola harga musiman untuk emas cenderung sering berulang karena smart money cenderung melakukan hal yang sama terus menerus. Setelah kita memahami adanya pengaruh musiman harga emas yang memberikan indikasi kecenderungan harga emas, kita lanjut ke aturan trading kedua.

 

Langkah 2: Tunggu Sampai Harga Emas Koreksi Ke Fibo 0.618

Tidak cukup hanya mengidentifikasi pola musiman dan fokus pada hal tersebut. Mengetahui bahwa ada bulan-bulan yang memiliki kecenderungan harga emas naik tidak bisa menunjukkan kita di area atau level mana Anda bisa mulai membeli emas. Setidaknya harus ada satu elemen yaitu penentuan level di dalam strategi trading. Berikut ini aturan tambahan untuk melihat level harga.

Kombinasikan pola musiman dengan indikator fibonacci retracement. Hal ini akan menunjukkan level dimana peluang beli emas di masa yang akan datang. Sistem trading ini valid, namun Anda harus fleksibel dengan aturan dan mengikuti pergerakan harga secara umum yang terjadi.

Cara Trading Emas

Dalam contoh grafik harga emas di atas, kita bisa melihat bahwa emas sudah ditradingkan di bawah fibonacci retracement 0.618 dari pergerakan harga sebelumnya. Namun pergerakan harga ini terjadi di bulan Desember dan kita bisa melihat bahwa harga emas mulai naik ke atas awal Januari 2018.

Berikutnya, kita akan menguraikan strategi membeli emas.

 

Langkah 3: Beli Di Support Atau Saat Harga Break Resisten

Ingat, ketika Anda menggunakan prinsip trading seperti pola musiman emas, maka Anda harus bisa fleksibel. Grafik tahun ini tidak akan sama dengan tahun depan, maka Anda harus menyesuaikan titik harga tertinggi yang terendah sesuai apa yang terjadi saat itu.

Dalam strategi pembelian emas ini, kita gunakan teknik yang mudah. Jika harga emas saat Anda melakukan analisa sedang berada di support, Anda bisa langsung buy di market. Namun, jika market mulai naik sebelum masuk bulan Januari, tunggu sampai resisten sebelumnya break untuk membeli emas.

Baca Juga: Cara Menentukan Titik Support Dan Resistance

Cara Trading Emas

Pada grafik di atas, terlihat resisten di fibonacci retracement 61.8% pada harga 1264.14. Hal ini berarti, posisi buy akan masuk jika resisten 1264.14 tersebut berhasil ditembus.

Ternyata, harga berhasil naik hingga menembus resisten tersebut maka sinyal posisi buy masuk. Seperti yang bisa Anda lihat, harga emas mengikuti siklus musimannya. Bulan desember sampai bulan Februari harga emas naik sampai ke atas 1300. Hal ini berarti analisa musiman yang sudah dilakukan benar.

Hal penting berikutnya adalah strategi menentukan dimana Anda akan meletakkan stop loss (SL).

 

Langkah 4: Letakkan Stop Loss (SL) Di Bawah Harga Terendah Sebelumnya

Jika emas mengikuti pola musiman, maka yang terbentuk adalah harga tertinggi baru bukan harga terendah baru.  Apabila emas malah berhasil break support sebelumnya dan membentuk harga terendah baru, hal ini memberikan konfirmasi invalid terhadap posisi buy kita dan kita harus keluar dari market.

Dalam hal ini, kita meletakkan stop loss di bawah harga terendah atau swing low terakhir.

Cara Trading Emas

Pada grafik di atas, stop loss diletakkan di sekitar 1,235 atau di bawah harga terendah bulan Desember. Jika setelah Anda buy dan harga malah turun sampai break support dan mengenai stop loss di 1,235, hal ini berarti setup invalid dan Anda tidak boleh masuk ke market.

Setelah mengetahui dimana Anda akan meletakkan stop loss, sekarang kita lanjut bagaimana cara meletakkan take profit.

 

Langkah 5: Take Profit Sebelum Akhir Februari Atau Geser SL Naik Setiap Terbentuk Harga Terendah Yang Lebih Tinggi

Jika harga emas mengikuti pola musiman pada bulan awal, adalah hal yang bijak jika kita keluar dari market saat harga mulai masuk ke bulan-bulan yang memiliki imbal hasil di bawah rata-rata. Menurut pola musiman emas, bulan Maret adalah salah satu bulan yang memiliki imbal hasil terburuk, jadi sebaiknya Anda menutup posisi emas di akhir bulan Februari.

Cara Trading Emas

Dalam dua bulan, Anda bisa mencetak profit dari posisi buy harga emas di 1,265 ke 1,366. Posisi bertahan sejak awal Desember sampai akhir Februari. Anda juga bisa mencari sinyal untuk sell dengan menggunakan kebalikan dari aturan trading di atas. Masuk sell pada bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli yang mempunyai imbal hasil yang buruk (di bawah rata-rata).

Contoh trading untuk posisi sell emas bisa Anda lihat pada grafik di bawah ini.

Cara Trading Emas

Perhatikan pada contoh di atas, posisi sell masuk hanya pada bulan yang memiliki kecendrungan turun. Posisi sell masuk di bulan April saat harga berhasil break support fibonacci retracement 0.618 pada harga 1280. Take profit posisi sell masuk di bulan Mei saat menyentuh support di fibonacci retracement 0.382.

 

Kesimpulan

Emas selalu dianggap sebagai investasi atau aset safe haven yang dapat disimpan sampai berabad-abad tanpa mengalami pembusukan/penguraian. Strategi trading emas dapat menjadi salah satu senjata strategi trading Anda.

Jika Anda ingin mengembangkan skill trading emas agar dapat menghasilkan profit, Anda bisa mengikuti strategi trading emas sederhana di atas. Pada intinya, apa yang strategi ini lakukan sebenarnya adalah mengidentifikasi kecendrungan atau tren harga dalam periode tertentu dan menggunakan rahasia trading emas untuk mengidentifikasi kapan harga emas mempunyai peluang besar untuk menguat dan kapan mempunyai peluang besar untuk turun.

Membeli emas sebagai investasi dapat menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Jangan lupa diversifikasi portofolio Anda dengan membeli emas.

 

Selain yang dijelaskan di atas, ada juga strategi trading emas super cepat hanya dalam 5 menit menggunakan metode breakout dan divergence. Seperti apa caranya? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

298491
Penulis

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.