Minyak Jatuh dan Koreksi USDX Berakhir

253246

Minyak turun dan membentuk low baru, minyak jatuh dan menyentuh support trend mayor sehingga harga memantul kemabali ke atas. Kini harga menyentuh level kuat 43.15 yang siap memantulkan harga kembali jatuh, hal tersebut juga diperkuat dengan dugaan adanya kemungkinan bullish USDX.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa trend mayor Minyak

  1. USDX benar-benar turun hingga menyentuh EMA mingguan, hal ini berarti koreksi yang terjadi pada trend bullish sebelumnya sudah sempurna dan tiba saatnya harga untuk bullish kembali. Kemungkinan bullish tersebut tentu akan mempengaruhi harga minyak, dengan hubungan korelasi negatif antara keduanya maka minyak diprediksikan akan mengalami bearish seiring dengan prediksi bullish USDX tersebut. Jika prediksi bullish USDX yang menggambarkan penguatan USD tersebut meleset maka harga USDX akan terus turun hingga menyentuh EMA bulanan sehingga posisi sell pada minyak akan menyentuh stop loss, namun dengan perhitungan risk reward yang baik kerugian tidak akan sebesar keuntungan yang dijanjikan.
  2. Proyeksi arah pergerakan harga minyak ini hanya dengan memperhitungkan posisi USDX dan indikator teknikal tertentu saja, namun masih dimungkinkan kejutan ke arah berbeda apabila kondisi fundamental lain berubah signifikan.

Minyak Jatuh dan Koreksi USDX
klik gambar untuk memperbesar

Analisa trend minor Minyak

  1. Minyak terus bearish setelah posisi buy pada analisa sebelumnya sehingga terpaksa posisi menyentuh stop loss, namun kerugian tidak akan sebesar keuntungan yang diharapkan. Kini harga terus jatuh dan menyentuh level 42.62 yang merupakan level support trend mayor sehingga harga langsung bereaksi dan memantul diarea level tersebut. Kini harga bearada di area level 43.15 yang merupakan level kuat  yang mampu untuk menjadi pijakan seller untuk menekan turun. berdasarkan analisa trend mayor yang memprediksikan adanya kemungkinan bullish pada USDX yang merupakan gambaran dari penguatan USD, maka sell minyak dapat dibuka pada level saat ini. Selain level 43.15 juga terdapat 43.69 dan 44.22 yang merupakan level kuat yang berada di atas harga saat ini, sehingga jika harga mampu menembus 43.15 masih ada level-level tersebut yang siap menghadang laju tekanan buyer dan pada level tersebut pula sell dapat dibuka kembali. Target dihold menggunakan strategi SL plus dan stop loss yang sesuai dengan target adalah level 44.75.
  2. Rekomendasi sell  diharga sekarang dan jika harga menyentuh level 43.69 dan 44.22 dengan stop loss pada level 44.75 dan take profit dihold menggunakan strategi SL plus.

Minyak Jatuh dan Koreksi USDX
klik gambar untuk memperbesar

Arsip Analisa By : Abu Hasan

Abu Hasan mengenal forex sudah 3 tahun semenjak lulus dari perguruan tinggi. Berawal dari bermain-main di akun demo, kemudian berlanjut trading pada bermacam-macam instrumen, termasuk pair-pair cross, Crude Oil, dan CFD saham.

Brent Oil 67.97 1.52%
Crude Oil WTI 61.67 1.60%
17 September 2019 18:35 Selengkapnya