Outlook Teknikal Emas: Kembali Bullish Hingga 1284

281142

Emas kembali bergerak bullish, namun dalam bias Intraday masih Netral.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas berjangka sedikit menguat setelah mengalami penurunan terbesar dalam dua bulan kemarin. Investor dan pelaku pasar sedang menunggu pertemuan Federal Reserve terakhir dan menimbang pernyataan dari ketua The Fed Janet Yellen bahwa dia akan mengundurkan diri.

Logam ini akhirnya menemukan beberapa boost-up karena melemahnya Dolar AS seiring investor menunggu laporan dari FOMC tersebut untuk mendapatkan petunjuk tentang sikap Federal Reserve mengenai jalur kenaikan suku bunga.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1281. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam ini menguat tipis hingga level 1284.

XAUUSD H1

Secara umum, pasar sedang menunggu petunjuk lebih lanjut mengenai prospek suku bunga AS. Para investor juga sedang mewaspadai tentang apapun kemungkinan yang terjadi.

Penguatan logam mulia ini semalam tak lain karena para investor lebih memilih ke aset save haven sementara belum menemukan petunjuk yang jelas mengenai suku bunga. Dengan demikian, hingga saat ini, menjelang rilis notulen pertemuan FOMC esok, dan menjelang Fed Rate Hike bulan depan, maka akan terjadi fluktuasi harga yang tidak teratur. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas, maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, ulasannya sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini yang berdekatan dengan level resisten 1283.24. Sama seperti ulasan analisa sebelumnya, bahwa level tersebut masih layak dicoba sebagai entry poin Buy. Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil diatasnya, maka posisi Buy dapat dengan aman dibuka. Penggunaan indikator teknikal dan penerapan price action dapat membantu untuk mengkonfirmasi dan mencari entry poin dari breakout level tersebut. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan kembali menguat hingga level 1288. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Untuk skenario kedua, perhatikan juga level support 1277.82. Level tersebutlah yang akan digunakan untuk entry point Sell. Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka posisi Sell dapat dengan aman dibuka. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika breakout ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan terus melemah hingga level 1271.65. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1300
R2    : 1295.17
R1    : 1288
Pivot    : 1283.24
S1    : 1277.82
S2    : 1271.65
S3    : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.