Outlook Teknikal Emas: Kembali Cetak Gain Tipis Hingga Kisaran 1344

Emas dalam keadaan overbought, sehingga memungkinkan untuk koreksi.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali mencatatkan rekor tertingginya hingga kisaran 1344 pada perdagangan kemarin. Meskipun pasar cenderung sepi karena investor dan trader Amerika sedang memperingati hari libur Dr. Martin Luther King Jr, tetapi emas tetap bergerak positif dan mencatatkan gain tipis pada perdagangan tersebut.

Logam mulia emas kembali naik ke level tertinggi dalam empat bulan terakhir di tengah merosotnya dolar seiring investor mengabaikan data yang menunjukkan kenaikan inflasi dan mempertimbangkan risiko global terhadap prospek greenback untuk ke depannya, yaitu rencana untuk menutup pemerintahan jika tidak ada kesepakatan mengenai anggaran dana pada Jumat ini.

Bullion di pasar berjangka naik dan membukukan keuntungan sebanyak 0.5% ke level $1344.81/oz, yang merupakan level tertinggi sejak 8 September lalu.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1340. Emas kembali bergerak bullish seiiring dengan pelemahan dollar hingga ke level 1344 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Secara teknikal, kini logam ini bergerak sideways pasca perdagangan yang sepi yang dikarenakan hari libur nasional di AS. Jika melihat tren dari time frame daily yang cenderung masih bullish dan mempertimbangkan tren bearish greenback yang kuat, maka emas memungkinkan untuk bergerak lebih tinggi lagi. Meskipun emas berpotensi untuk koreksi yang dikarenakan telah jenuh beli, tetapi nyatanya emas terus melanjutkan tren naiknya dan mengabaikan kondisi teknikal tersebut. Dengan demikian, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu mencoba peluang Buy yang berada pada level resisten 1345.75. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali melanjutkan tren bullish setidaknya hingga menguji level 1352.15. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Pertimbangkan juga kondisi emas yang sudah overbought. Kondisi tersebut memungkinkan untuk emas terkoreksi kembali. Sehingga perlu diwaspadai jika harga justru melemah hingga menuju level 1339.37. Level tersebut adalah level acuan untuk eksekusi Sell kali ini. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka pergerakan korektif akan dimulai. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan terkoreksi kembali minimal pada level 1334.10. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1357.16
R2    : 1352.15
R1    : 1345.17
Pivot: 1339.37
S1    : 1334.10
S2    : 1329.13
S3    : 1322.66


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.